TIPS SEHAT KEHAMILAN BAGI IBU DIABETES

Tips sehat kehamilan bagi ibu diabetes ini sangat penting untuk diperhatikan. Untuk sebagian besar penderita kencing manis alias diabetes, menjalani hamil sehat & aman sebenarnya tetap dapat dijalani dengan nyaman. Yang paling penting adalah kadar gula darah yang selalu terkontrol, apabila kadar gula dalam darah Anda selalu normal atau setidaknya mendekati normal, maka risiko terjadinya komplikasi kehamilan akan turun dan normal saja dengan bumil yang sehat. Yang paling penting Anda perlu terus berkonsultasi mengenai kesehatan dengan dokter.

Kalau Anda termasuk yang menderita penyakit diabetes tipe 2, apapun yang Anda makan & seberapa seringnya Anda makan akan memberikan pengaruh besar pada kesehatan & kehamilan Anda. Dalam sehari-hari,  sering-seringlah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi seimbang dalam porsi makan yang kecil. Waspadai juga asupan karbohidrat Anda, pastikan bahwa asupannya sesuai dengan anjuran dokter ataupun para ahli gizi. Lebih baik jika Anda memilih karbohidrat yang memiliki indeks glikemik cukup rendah dibandingkan dengan karbohidrat yang memiliki indeks glikemik cukup tinggi. Misalnya saja, beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih. tips sehat kehamilan bagi ibu diabetes yang satu ini benar benar harus Anda jaga.

ibu hamil diabetes

Image: thefertilechickonline.com

Pastikan juga bahwa Anda selalu mengonsumsi banyak sayur dan juga buah, karena asupan makanan seperti sayur dan buah yang kaya serat ini selain cepat mengenyangkan juga umumnya mengandung indeks glikemik yang rendah. Baca juga: Inilah Buah-Buahan Terbaik Untuk Wanita Hamil.

Olahraga ataupun aktivitas fisik yang teratur juga sangat penting bagi para wanita hamil yang menderita penyakit diabetes. Untuk yang tidak pernah berolahraga, masa kehamilan ini sebenarnya bukan merupakan waktu yang ideal untuk dapat memulainya. Namun tentu saja kecuali dokter kandungan Anda memang melarang, cobalah Anda berolahraga sedikitnya selama 15 menit saja sebanyak sekali ataupun dua kali dalam sehari. Anda bisa memilih jenis olahraga  yang ringan-ringan saja, misalnya seperti jalan kaki, berenang ataupun mengunakan sepeda stasioner. Jalan kaki setelah Anda makan juga sangat baik karena mampu membantu untuk mengontrol kadar gula dalam darah Anda. Baca juga: 6 Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil.

Semoga saja tips sehat kehamilan bagi ibu diabetes ini dapat membantu Anda agar selalu aman & sehat dalam menjalani masa hamil. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kandungan kepada dokter ya Bunda!

Info Bumil Lainnya