RAMUAN TRADISIONAL UNTUK MUAL SAAT HAMIL

Ramuan tradisional untuk mual saat hamil ini mungkin bisa menjadi alternatif solusi bagi ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya. Morning sickness ataupun mual dan muntah saat kehamilan seringkali dialami para wanita hamil, terutama pada trimester pertama masa kehamilannya. Kondisi seperti ini memang tidak bisa dielakan. Sekitar 85% perempuan hamil di dunia juga merasakan rasa sakit, mual dan juga muntah dalam tingkatan yang berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan karena peningkatan hormon gonadotropin yang cepat, sebuah hormon yang dikeluarkan oleh plasenta.

Namun jangan khawatir, karena dengan meminum jamu yang menyehatkan Anda bisa meredam mual morning sickness ini. Anda juga bisa membuat sendiri jamu atau ramuan tradisional untuk mual saat hamil ini, terutama saat trimester pertama kehamilan.

Ramuan tradisional untuk mual saat hamil

Image: booibu.com

Bahan-bahan:

  • 1 jari rimpang kunyit
  • 2 jari rimpang kencur

Cara membuatnya:

  • Kupas dulu kunyit & kencur, setelah itu cuci bersih. Tumbuklah kedua bahan tersebut hingga tampak halus. Peras & saring.
  • Tambahkan saja sedikit air putih matang. Minumlah ramuan tersebut dengan diberi sedikit gula aren & jeruk nipis 1x sehari. Sebaiknya, jangan Anda minum tiap hari, tapi cukup 2 hari sekali saja.

Khasiatnya:

Di dalam ramuan ini, kencur bermanfaat untuk menghilangkan mual. Sejak seorang ibu mulai hamil, gizi yang ada di dalam tubuh akan ikut tersedot juga oleh janin. Oleh sebab  itu, kunyit dalam ramuan ini memiliki khasiat mengatasi anemia yang punya gejala pusing. Baca juga: 16 Tips Alami Atasi Mual Ketika Hamil.

 

Manfaat Mual Saat Hamil

Tahukah Anda bahwa di balik morning sickness yang dirasakan seorang ibu hamil tersimpan kabar gembira yang patut untuk disyukuri. Studi ilmiah terbaru membuktikan bahwa rasa mual morning scknes dan muntah yang sering terjadi di pagi hari ini bisa jadi tanda bayi Anda akan tumbuh menjadi seorang anak yang sehat dan cerdas.

Sebuah penelitian lain mengungkapkan, ibu yang merasakan mual selama menjalani kehamilan ternyata juga mengalami ririko kegu-guran lebih sedikit jika dibandingkan ibu yang tidak mengalami morning sickness. Selain itu, risiko bayi cacat saat lahir juga lebih sedikit. Hasil studi lainnya, ibu hamil yang mengalami morning sickness berisiko rendah untuk melahirkan bayi dengan kondisi berat badan rendah & panjang tubuh pendek.

Seperti dilansir oleh Daily Mail, berbagai hasil penelitian di atas telah dilakukan di Hospital for Sick Children Toronto yang telah meneliti data dari 10 studi pada lima negara yang berbeda sejak tahun 1992 hingga tahun 2012 terhadap 850.000 ibu hamil. Baca juga: Penyebab Mual Morning Sickness Yang Parah.

Hebatnya lagi, penelitian ini juga menjelaskan bahwa risiko kegu-guran jauh lebih rendah tiga kali daripada ibu yang tidak mengalami mual morning sickness. Kemudian, ibu hamil yang mengalami mual memiliki risiko kelahiran bayi prematur hanya 6,4%. Bayi yang dilahirkan dari seorang ibu yang mengalami mual morning sickness juga memiliki IQ, bahasa serta perilaku lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang tidak mengalami mual saat hamil.

Info Bumil Lainnya