4 BAHAYA BUAH NANAS BAGI IBU HAMIL

Ada 4 bahaya buah nanas bagi ibu hamil yang harus diketahui. Selama kehamilan, seorang wanita  pasti akan lebih menjaga asupan makanannya. Biasanya ibu hamil hamil lebih sering lagi mengonsumsi sayuran serta buah-buahan. Buah-buahan yang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi seperti pisang mislanya sangat baik jika dikonsumsi saat hamil, demikian juga dengan beberapa jenis buah lainnya. Namun ternyata tidak semua jenis buah baik untuk dikonsumsi meskipun banyak mengandung vitamin.

Nanas meupakan salah satu jenis buah yang hampir tidak pernah dikonsumsi oleh para wanita hamil. Nanas ini dipercaya dapat menggu-gurkan kandungan, terutama buah nanas muda. Apakah buah tropis yang ini benar-benar berbahaya jika dikonsumsi wanita hamil? Berikut 4 bahaya buah nanas bagi ibu hamil.

buah nanas bagi ibu hamil

Image: www.momjunction.com

Buah Nanas Mengakiatkan Kelahiran Prematur

Banyak orang yang menyarankan para wanita hamil tidak boleh terlalu banyak dalam mengonsumsi nanas ataupun jus nanas selama trimester awal kehamilan. Itu dikarenakan nanas mengandung zat bromelian yang tidak baik bagi kandungan, yaitu bisa melemahkan bagian leher rahim sehingga mengakiatkan kontraksi.

Banyak Bunda mengeluh bahwa nanas ini menyebabkan kelahiran prematur, meskipun ada juga beberapa wanita yang tidak melahirkan secara prematur setelah makan buah nanas. Mungkin saja wanita yang melahirkan prematur tersebut mengonsumsi buah nanas yang segar sehingga zat bromeliannya utuh. Apabila nanas dalam kaleng ataupun dijus, bromelian-nya akan hancur. Baca juga: 3 Jenis Buah Yang Bahaya Bagi Kehamilan.

Buah Nanas Mengakibatkan Kegu-guran

Menurut cerita yang Kita dengar turun termurun, makan nanas ini dapat menyebabkan kegu-guran. Enzim protease bromelain yang mirip dengan enzim papain yang terdapat dalam pepaya. Bromelian dapat melemahkan leher rahim & bisa mengakibatkan kegu-guran. Buah nanas, terutama nanas hijau dan nanas yang masih muda mampu menginduksi aktivitas rahim dan juga membahayakan kondisi kehamilan. Jadi, seorang wanita harus menghindari makan buah yang satu ini terutama saat bulan-bulan awal kehamilan. Baca juga: 8 Buah Yang Paling Baik Bagi Ibu Hamil.

Menyebabkan Kontraksi Sebelum Waktunya

Pada umumnya, para Ibu yang sedang menjalani kehamilan di trimester pertama memang sangat rentan dengan beberapa masalah kehamilan, terlebih lagi jika Anda punya rahim yang tidak kuat. Saat trimester pertama kehamilan sering kali wanita dilarang makan nanas ataupun minum jus nanas. Baca juga: 7 Manfaat Hebat Semangka Untuk Wanita Hamil.

Nanas mengandung zat bromelain yang mampu melemahkan serviks ataupun leher rahim sehingga akan berisiko jika dikonsumsi pada jumlah yang banyak atau berlebihan, kandungan ini tentunya akan menggangu kondisi kehamilan Anda.

Masalah Kesehatan Lainnya

Makan terlalu banyak buah nanas tentu dapat menyebabkan diare dan perut mulas. Ibu hamil yang sering menderita mulas dan juga makan nanas bisa membahayakan kandungan mereka. Baca juga: Khasiat Anggur, Alpukat & Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil.

Itulah 4 bahaya buah nanas bagi ibu hamil. Meskipun buah nanas kaya akan kandungan vitamin C dan mempunyai enzim pencernaan yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalani kehamilan, ada baiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. Meskipun banyak Bunda yang tetap sehat dan bebas masalah setelah mereka makan nanas selama menjalni kehamilan, namun bukan berarti tubuh Anda juga mampu mengambil zat bromelian itu. Apabila Anda sedang hamil di trimester ketiga Anda dan sedang memersiapkan persalinan, Anda dapat makan buah nanas, namun tetap di bawah saran dokter untuk dapat menginduksi persalinan & membuat bayi Anda lebih mudah untuk keluar. Jika tidak mau ambil risiko, sebaiknya Anda hindari dulu makan buah tropis ini selama hamil, toh masih banyak buah lainnya yang aman bagi para Bunda yang sedang mengandung.

Info Bumil Lainnya