5 CARA MENAMBAH PRODUKSI ASI YANG SEDIKIT

5 cara menambah produksi ASI yang sedikit ini perlu diperhatikan para ibu yang sedang menyusui. ASI merupakan sumber makanan yang paling penting bagi bayi, karena di dalamnya terkandung antibodi alami yang dapat membantu si kecil dalam melawan segala bentuk infeksi.

Bayi yang sejak lahir tidak mendapatkan asupan ASI dengan baik umumnya mempunyai kekebalan tubuh yang lemah atau tidak baik. Apabila produksi ASI Anda termasuk yang tidak terlalu banyak, maka 5 cara menambah produksi ASI yang sedikit berikut ini bisa Anda coba.

Tingkatkan frekuensi menyusui

Cobalah untuk dapat memberikan ASI Anda kepada bayi di dalam setiap tiga jam sekali pada siang hari dan di dalam setiap 4 jam sekali pada malam hari.

5 cara menambah produksi ASI yang sedikit

Image: gab.giggle.com

Gunakan satu per satu

Biarkanlah bayi Anda menyusui pada satu payu-dara dengan baik dan setelah itu beralih lagi ke yang satunya lagi. Kemudian tegakkanlah posisi bayi Anda sehingga dia dapat bersendawa dan juga udara yang terperangkap di dalam tubuh si kecil bisa segera keluar. Baca juga: Ini Dia Pantangan Makanan Ibu Menyusui.

Pehatikan pola makan

Pada saat Anda makan, perhatikanlah asupan gizi Anda dan sebaiknya selalu sertakan konsumsi sayuran hijau, telur, susu, bawang merah, bawang putih, jus anggur, daging ayam dan sup daging untuk dapat meningkatkan produksi ASI Anda. Jenis makanan tersebut terbukti cukup efektif untuk meningkatkan produksi ASI Anda yang kurang atau sedikit.

Pehatikan gaya hidup

Cobalah untuk menjadi seorang ibu yang lebih rileks dan juga beusaha untuk menghilangkan stres serta kecemasan Anda. Hindarilah berbagai aktivitas fisik dan mental yang menyebabkan hal tersebut. Ini akan membantu meningkatkan hormon yang berfungsi di dalam memproduksi ASI.

Makan bawang putih

Bawang putih sudah terbukti menjadi salah satu makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI Anda. Hal itu karena bawang putih mengandung cukup banyak zat yang baik untuk dapat menambah produksi ASI. Anda bisa menyantap bawang putih mentah dan segar setiap pagi ataupun dengan menyertakan bawang putih di dalam menu makanan Anda di saat memasak. Baca juga: 6 Vitamin Penting Ibu Menyusui.

Itulah 5 cara menambah produksi ASI yang sedikit, siapa tahu salah satunya ada yang benar-benar cocok dengan kondisi Anda, atau Anda punya tips lain selain kelima cara di atas?

Info Bumil Lainnya

Tags: Ibu Menyusui