PENJELASAN IBU ALAMI HAID SAAT HAMIL

Bisakah seseorang ibu hamil mengalami haid saat hamil atau di masa kehamilan sedang berjalan? Beberapa orang ada yang bertanya demikian karena masih mengeluarkan darah seperti saat masih sebelum hamil. Tahukah Anda bahwa seorang wanita yang sedang mengalami kehamilan tidak mungkin akan rutin juga mendapatkan datang bulan. Sebab menstruasi merupakan salah satu pertanda bahwa seorang wanita tersebut tidak sedang hamil.

Lantas, apa sebenarnya yang terjadi pada wanita yang masih mengeluarkan darah seperti haid saat hamil? Mengapa ada seorang ibu tetap mengalami datang bulan meskipun sedang mengandung? Ada beberapa kemungkinan yang harus Anda ketahui. Darah yang keluar saat seorang wanita sedang hamil belum tentu itu darah haid. Darah yang keluar saat hamil trimester I mungkin saja pertanda terjadinya Abor-tus Imminens ataupun ancaman kegu-guran. Baca juga: 20 Tanda Kehamilan Seorang Wanita.

Haid Saat hamil

Image: www.everydayfamily.com

Banyak wanita yang juga mengalami pendarahan pada saat usia kandungannya berada di trimester pertama. Pendarahan ini biasanya berupa flek atau ada sebagian yang berupa darah cair. Jika pada saat diperiksa ke dokter ternyata tidak ditemukan pembukaan pada mulut rahim dan hasil dari pemeriksaan USG menunjukkan bahwa keadaan kandungannya baik-baik saja, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selengkapnya tentang flek di waktu hamil muda ini silahkan membaca tulisan Kami tentang: Beberapa Penyebab Flek Saat Hamil & Solusinya.

Apabila perdarahan masih saja terjadi hingga usia trimester 2 sampai 3, kemungkinan lainnya adalah letak ari-ari yang terlalu rendah ataupun menutupi pintu mulut dari rahim. Darah itulah yang selalu dikira sebagai darah haid. Pada kasus seperti ini biasanya pasien akan mengalami perdarahan, juga disertai adanya kontraksi pada rahim. Ini sangat berbahaya dan memerlukan penanganan serius dari dokter kandungan agar tidak membahayakan kandungan.

Nah, terjawab sudah jika masih ada yang bertanya kenapa ada ibu hamil mengalami haid saat hamil. Sebagian orang mungkin selalu mengira bahwa darah yang keluar tersebut adalah darah haid. Padahal itu merupakan darah flek atau darah yang keluar sebagai akibat adanya letak plasenta bayi yang terlalu rendah. Jadi segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalaminya.

Info Bumil Lainnya