MANFAAT BICARA DENGAN BAYI DALAM KANDUNGAN

Tahukah Anda bahwa ada beberapa manfaat bicara dengan bayi dalam kandungan yang tidak banyak diketahui? Ibu hamil mempunyai waktu yang cukup untuk dapat membangun hubungan dengan bayinya. Namun, seringkali kesibukan sehari-hari membuat sebagian Bunda lupa dengan fakta yang menakjubkan ini. Perut Anda yang sedang buncit bisa berfungsi sebagai sebuah pengingat agar selalu membangun chemistry dengan bayi Anda. Para ahli meyakini bahwa berbicara dengan perut yang buncit bisa mendapat banyak manfaat untuk Anda serta bayi sebelum lahir.

Berikut ini beberapa manfaat bicara dengan bayi dalam kandungan untuk para calon orangtua dan bayi yang belum lahir:

Dapat menstimulai pendengaran

Indra pendengaran bayi akan membentuk lebih cepat pada usia 14 minggu dalam kandungan ibunya, dua minggu pada trimester kedua. Saat itulah dokter dan juga ahli mendorong ibu untuk berbicara dengan bayinya yang belum lahir.

bayi dalam kandungan

Image: www.express.co.uk

Spesialis Anak, Dr Geetanjali Shah mengatakan bahwa berbicara ke perut mampu membantu stimulasi pendengaran dan juga membangun sinapsi atau koneksi neuron dalam otak yang bertanggung jawab untuk fungsi pendengaran. Untuk alasan ini juga, Dr Shah menyarankan para orangtua tak membantasi hanya dengan berbicara, namun juga menyanyikan lagu untuk pengantar tidur ke perut.

Membantu perkembangan bicara

Berbicara ke perut juga membantu bayi mengambil kata-kata & bahasa lebih cepat serta membantu mengembangkan keterampilan sosial anak. Bonusnya pada saat Anda sering berbicara kepada perut Anda sendiri dan terus melakukan hal tersebut setelah kelahirannya, otak bayi Anda akan mampu merekam, merenungi dan mengingat kata-kata serta dialeknya sehingga cepat mulai bicaranya.

Penelitian terbaru dapat menunjukkan bahwa bicara pada bayi sejak ia dalam kandungan akan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa mereka pada saat bayi sudah lahir dan hingga dia de-wasa. Suara ibu yang didengarkan oleh bayi dalam rahim merupakan salah satu pengalaman sensorik pertama yang dialami oleh bayi. Hal tersebut sangat membantu di dalam perkembangan kemampuan mendengar & berbicara serta kemampuan berbahasa si buah hati setelah lahir nantinya. Baca juga: Cara Sangat Mudah Agar Bayi Cepat Bisa Berbicara.

Membuat bayi merasa aman

Anda mungkin sudah pernah melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan benar seperti makan, beristirahat yang cukup dan juga berolahraga. Namun, ingatlah untuk membuat bayi Anda merasa aman dengan cara sering berbicara ke perut. Dr Shah mengatakan bahwa tidak ada yang lebih meyakinkan untuk mendengarkan suara ibu agar bayi merasa aman dan nyaman dalam kandungan.

Mampu menstimulasi otak

Bukan cuma ibu, ayah juga harus memberikan perhatiannya pada bayi yang belum lahir. Berbicara dengan perut pada hari-hari awal akan mampu membantu bayi Anda dalam membedakan suara dari orangtuanya. Biasanya seorang ayah memiliki nada yang tinggi & ibu yang rendah. Apabila bayi Anda mendapat kedua intonasi tersebut, akan membantunya dalam mengembangkan otak dan juga panca indera penting lainnya.

Itulah beberapa manfaat bicara dengan bayi dalam kandungan yang harus Anda ketahui. Beberapa ahli telah merekomendasikan para ibu supaya mengajak bicara pada bayi mereka sejak di dalam kandungan agar membantu pembentukan dan juga pengembangan otak yang memiliki fungsi mengatur pendengaran & bahasa. Saat ini para peneliti melanjutkan penelitiannya untuk mengetahui apakah suara ibu juga bisa digunakan untuk dapat membantu perkembangan otak bayi yang dilahirkan secara prematur.

Info Bumil Lainnya