4 MITOS BAHAYA VAKSIN UNTUK IBU HAMIL

Ada 4 mitos bahaya vaksin untuk ibu hamil yang harus diketahui oleh Anda yang sedang menjalani masa kehamilan. Meskipun dengan informasi yang cukup mudah didapat sudah banyak orang yang percaya bahwa memakai vaksin saat hamil itu sangat aman bagi ibu dan bayinya, namun masih ada saja wanita hamil yang meragukannya. Mungkin salah satunya dikarenakan sebagian wanita ada yang beberapa kali merasa mual setelah di vaksinasi.

Untuk lebih memperjelasnya, Beberapa dokter menjelaskan beberapa mitos yang menyebutkan bahwa memakai vaksin tidak aman bagi ibu hamil. Seperti yang dilansir oleh TheStir, berikut 4 mitos bahaya vaksin untuk ibu hamil yang harus diketahui.

Vaksin dapat menyebabkan kegu-guran

Ini adalah mitos dan tidak usah Anda hiraukan. Menurut sebuah penelitian pada para wanita hamil yang dilacak antara tahun 2009 dan tahun 2011, para peneliti menemukan bahwa para wanita yang divaksinasi untuk terhindar dari bahaya virus H1N1 tidak ada yang mengalami kegu-guran dibandingkan dengan wanita yang tidak divaksinasi dengan vaksin yang sama. Baca juga: 13 Mitos & Fakta Kehamilan Populer.

vaksin untuk ibu hamil

Image: www.huffingtonpost.ca

Vaksin di saat hamil dapat menyebabkan cacat lahir

Vaksin sama sekali tidak akan menyebabkan cacat lahir ataupun memengaruhi berat badan lahir bayi. Dalam studi lainnya yang melibatkan 4.191 orang wanita hamil, para ahli telah menemukan bahwa wanita yang divaksinasi, justru melahirkan bayi yang lebih sehat dibandingkan dengan para wanita hamil yang tidak divaksinasi .

Vaksin dapat menyebabkan kelahiran prematur

Ini juga merupakan mitos karena dalam sebuah studi disebutkan bahwa para wanita divaksinasi melahirkan bayinya tiga hari lebih awal dari mereka yang tidak divaksinasi. Tetapi para dokter tidak khawatir mengenai perbedaan kecil tersebut karena dalam studi lainnya, ibu hamil yang tidak divaksinasi justru memiliki risiko melahirkan prematur yang lebih tinggi.

Vaksin menyebabkan komplikasi

Vaksin sama sekali tidak akan menyebabkan terjadinya komplikasi. Apabila ada yang merasa mual dan sebagainya, para peneliti menganggap bahwa itu hanya berlangsung untuk sementara waktu. Bahkan sebuah studi ilmiah lainnya menunjukkan bahwa memakai vaksin tidak terkait dengan komplikasi kehamilan seperti terjadinya tekanan darah tinggi, terkena diabetes gestasional ataupun infeksi saluran kemih.

Itulah 4 mitos bahaya vaksin untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui. Jika dokter menyarankan Anda untuk memakai vaksin tertentu, tidak usah khawatir karena tidak berbahaya bagi janin ataupun kesehatan Anda sendiri.

Info Bumil Lainnya