PANTANGAN MAKANAN IBU MENYUSUI YANG WAJIB DIHINDARI

Pantangan makanan ibu menyusui merupakan salah satu larangan yang biasanya harus dijauhi oleh ibu menyusui. ASI merupakan asupan makanan penting untuk bayi. Untuk itu, Bunda harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan baik untuk dirinya sendiri ataupun bayi yang dilahirkan. Bunda yang masih menyusui hanya perlu menyeleksi makanan apa saja yang harus dikonsumsi demi kebutuhan nutrisi bayi yang dilahirkannya. Hal ini dikarenakan, makanan yang dikonsumsi ibu akan dikeluarkan berbentuk ASI. Sehingga segala kandungan nutrisi yang dikonsumsi ibu menyusui akan diserap oleh bayi yang disusuinya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui pantangan makanan untuk ibu menyusui apa saja yang harus dijauhi.

Menjadi seorang ibu merupakan anugerah yang tak terhingga, apalagi jika Anda baru saja memiliki seorang bayi. Bayi yang baru melahirkan hingga bayi berusia 6 bulan tentu masih membutuhkan yang namanya ASI atau air susu ibu. Selain karena ASI merupakan satu-satunya asupan makanan yang paling penting bagi bayi, juga memiliki kandungan antibody yang penting untuk pertahanan tubuh bayi. Sehingga ada beberapa pantangan makanan bagi ibu menyusui yang harus dijauhi agar nutrisi yang dipenuhi oleh bayi dalam ASI maupun ibu itu sendiri dapat terpenuhi.

Pantangan makanan ibu menyusui

Dalam menyusui, ibu harus benar-benar selektif memilih makanan apa saja yang harus dikonsumsi sehingga tidak berpengaruh pada ASI yang diproduksi oleh ibu menyusui. Salah satu pantangan makanan ibu menyusui adalah kafein. Kafein bisa saja terkandung pada teh, kopi atau yang lainnya. Karena bisa berpengaruh pada pola tidur bayi, hal ini disebabkan kafein bisa membuat bayi terus gelisah dan tetap terjaga di malam hari. Pantangan makanan untuk ibu menyusui seperti minuman berkafein juga bisa memicu efek kecan-duan, yang justru bisa berpengaruh terhadap kondisi si kecil. Bunda harus bisa menghindari makanan atau minuman berkafein agar menghindari perasaan tidak nyaman pada si kecil. Baca juga: Bahaya Kopi Buat Untuk Kehamilan.

Pantangan makanan ibu menyusui berikutnya adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan bayi menjadi alergi atau mungkin Bunda sendiri yang alergi terhadap makanan tertentu. Sebaiknya Bunda mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi, misalnya seperti ikan salmon, kacang-kacangan, telur, beras merah, roti gandum dan sayuran hijau, serta konsumsi daging sapi tanpa lemak, kecuali jika makanan tersebut membuat Bunda alergi, ya harus dihindari. Jangan lupa untuk menambahkan ekstra air dan juga makanan setiap harinya. Baca juga: 15 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui.

Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya menghindari makanan dengan rasa yang ekstrim, seperti sangat pedas, sangat pahit atau sangat asam. Karena makanan pedas bisa memicu perut kembung, perasaan gelisah, diare, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebaiknya pantangan makanan untuk ibu menyusui seperti makanan pedas ini harus dijauhi  karena bisa memicu hal-hal tersebut pada bayi. Baca juga: 6 Vitamin Penting Untuk Ibu Menyusui.

Untuk mengetahui efek alergi yang ditimbulkan dari makanan atau ASI yang dikonsumsi si kecil, maka bunda bisa mengamati reaksi yang terjadi. Umumnya reaksi tersebut akan timbul setelah beberapa hari bunda mencoba mengkonsumsi makanan baru. Reaksi alergi umumnya timbul ketika bayi merasakan gejala yang tak biasa dan tidak nyaman. Dengan mengetahui gejalanya inilah, maka Bunda bisa mengetahui apa saja makanan yang wajib dihindari. Baca juga: Cara Mangetahui Bayi Terkena Alergi.

Itulah beberapa pantangan makanan ibu menyusui yang harus dihindari karena berdampak negatif pada bayi. Terutama untuk mencegah terjadinya alergi berkelanjutan dan perasaan yang membuat bayi Anda menjadi tidak nyaman. Ibu menyusui perlu menambah makanannya, baik itu makanan pokok ataupun sayuran. Selain itu, ibu yang sedang menyusui juga perlu menambahkan ekstra minuman. Wanita biasanya butuh dua liter air per hari, namun wanita yang sedang menyusui bisa menambah 3-4 gelas lagi atau kira-kira 0,8 hingga 1 liter per hari.

Info Bumil Lainnya

Tags: Ibu Menyusui