BAHAYA JUNK FOOD UNTUK IBU HAMIL DAN BAYINYA

Tahukah Anda dampak negatif atau bahaya junk food untuk ibu hamil dan bayinya? Bagi Anda ibu hamil yang masih suka dan sering mengonsumsi junk food, sebaiknya mulai sekarang hentikan saja kebiasaan buruk Anda tersebut. Karena ternyata seorang ibu hamil yang suka makan junk food, bukan hanya berbahaya bagi kesehatannya, tapi juga berbahaya bagi kesehatan janin yang dikandungnya.

Bahaya junk food untuk ibu hamil ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang pernah diterbitkan di dalam The Journal FASEB, seorang wanita hamil yang senang makan junk food dengan kandungan gula dan juga lemak tinggi berisiko akan membentuk bayi dengan kebiasaan buruk yang sama, yaitu anak akan suka makan junk food juga.

Bahaya junk food untuk ibu hamil

Image: www.foodnavigator.com

Meskipun penelitian dilakukan tersebut pada tikus, karena tikus dan manusia diangggap mempunyai sebuah sistem biologis fundamental yang sama dengan seorang manusia, hasilnya sangat ternyata sangat mengkhawatirkan bagi seorang ibu hamil. Beverly Muhlhausler, Ph.D, peneliti dari the FOOD plus Research Centre in the School of Agriculture Food & Wine at the University of Adelaide in Adelaide – Australia, menghimbau kepada para wanita hamil untuk selalu menjaga pola makan dan asupan nutrisi yang sehat dengan menghindari konsumsi junk food di saat sedang dalam masa kehamilan dan juga masa menyusui. Karena bayi tentunya membutuhkan asupan nutrisi bergizi dan tentu saja harus memiliki pola makan yang baik. Baca juga: 15 Makanan Yang Tepat Untuk Ibu Hamil.

The FASEB Journal juga menghimbau agar para ibu hamil selalu menjaga asupan makanan selama dalam masa kehamilan, hindarilah makan junk food dan kemudian beralih untuk lebih banyak konsumsi  buah dan sayuran.

Sunggguh ironi apabila sejak lahir anak Anda sudah memiliki minat dan juga peluang besar untuk menyukai junk food nantinya. Makanan seperti ini tentunya sangat tidak sehat dan berbahaya, misalnya saja obesitas pada bayi. Jadi, makanan yang Anda makan selama masa hamil, ikut menentukan juga terhadap makanan favorit bayi Anda nanti.

Nah, jelas bukan dampak negatif juga bahaya junk food untuk ibu hamil. Jika Anda ingin buah hati saat besar nanti suka makan sayur dan buah, maka sejak sekarang sebaiknya perbanyaklah makan sayur dan 8 buah yang baik untuk hamil. Semoga selalu sehat dan diberikan kelancaran dalam masa kehamilan dan juga saat persalinan nanti.

Info Bumil Lainnya

Tags: Nutrisi Ibu Hamil