6 VITAMIN UNTUK IBU MENYUSUI YANG HARUS DIPENUHI

Ketika masa menyusui seorang ibu hamil harus memiliki nutrisi yang cukup untuk kualitas air susu ibu (ASI) yang akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Nutrisi tersebut terdiri dari vitamin dan mineral yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Vitamin untuk ibu menyusui bisa didapatkan dari bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Seorang ibu menyusui diharapkan untuk tidak kekurangan nutrisi gizi yang dibutuhkan dalam sehari, karena akan mempengaruhi kesehatan dari ibu menyusui berserta sang buah hati.

Jika ditelisik, dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak sumber makanan yang memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Yang dibutuhkan adalah kreasi dalam memadupadankan nutrisi tersebut agar menjadi seimbang dan tidak berlebihan. Nutrisi ibu menyusui jelas dibutuhkan 2 kali lebih banyak dibanding normal pada umumnya, karena ibu menyusui harus memiliki nutrisi lebih untuk mencukupi kebutuhan dirinya sendiri beserta nutrisi sang buah hati.

vitamin untuk ibu menyusui

Image: www.meandmychild.co.nz

Berikut beberapa vitamin untuk ibu menyusui yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui sehari-hari, diantaranya adalah:

Vitamin D

Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan asupan vitamin D setiap harinya. Untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi vitamin D ibu menyusui bisa mendapatkannya dari jamur, minyak hati ikan kod, susu, kedelai, udang, keju, salmon, ikan tuna serta tahu. Selain itu sinar matahari pagi juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik bagi ibu menyusui. Baca juga: 15 Makanan Sehat Ibu Menyusui.

Vitamin C

Vitamin C bagus untuk mempertahankan daya tahan tubuh ibu menyusui untuk selalu fit dan segar. Anda bisa mendapatkan kebutuhan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, strawberry, jambu biji, paprika merah, kubus, kiwi, jeruk dan buah-buah lainnya. Anda bisa menambahkannya melalui suplemen makanan yang mengandung vitamin C. Namun alangkah lebih baik jika mengkonsumsi buah dan sayur yang variatif. Baca juga: Obat Batuk Alami Ibu Manyusui.

Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil maupun ibu menyusui. Asam folat memiliki manfaat dalam pembentukan jaringan otak pada anak. Ibu menyusui dapat memperoleh asam folat dari alpukat, buah jeruk, kentang, pepaya, bayam, brokoli, kacang hijau, asparagus, jagung, wortel, kembang kol dan hati sapi. Konsumsilah secara variatif untuk mendapatkan nutrisi asam folat setiap harinya.

Vitamin E

Vitamin E juga sangat dibutuhkan oleh ibu yang menyusui. Ibu menyusui dapat memperoleh kandungan vitamin E dari bayam, sawi, brokoli, kacang almond, kacang hijau, talas serta paprika merah. Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas baik bagi ibu menyusui maupun pada sang buah hati.

Vitamin A

Vitamin A juga salah satu nutrisi ibu menyusui yang harus dipenuhi kebutuhan dalam satu hari. Ibu menyusui dapat memperoleh asupan vitamin A dari makanan berikut seperti wortel, bayam, brokoli, kangkung, pepaya, telur, ubi jalar, melon serta mangga.

Vitamin B6

Ibu menyusui memerlukan 2 mg vitamin B6 dalam satu hari. Anda dapat memperoleh asupan vitamin B6 dari makanan seperti pisang, bayam, brokoli, semangka, tomat, ikan tuna dan kacang-kacangan. Anda dapat memasukkan makanan tersebut dalam makanan Anda sehari-hari. Baca juga: Obat Flu Alami Ibu Menyusui.

Demikianlah beberapa vitamin untuk ibu menyusui yang perlu dipenuhi dalam kebutuhan sehari-hari seorang ibu menyusui. Memasukkan asupan vitamin dari berbagai jenis makanan yang bervariasi dalam menu sehari-hari Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral untuk ibu menyusui dan sang buah hati. Mulailah untuk menjaga kesehatan ibu menyusui dan buah hati Anda untuk tumbuh kembang mereka yang sempurna.

Info Bumil Lainnya

Tags: Ibu Menyusui