6 OBAT BATUK UNTUK IBU MENYUSUI SECARA ALAMI

Cuaca yang tidak menentu memang menyebabkan beberapa penyakit datang dengan mudah. Salah satu penyakit yang biasa datang adalah batuk. Batuk bisa diobati dengan mengkonsumsi obat batuk yang tersedia di apotek atau di pasaran. Namun bagaimana dengan ibu menyusui? Ibu menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena akan berpengaruh terhadap air susu ibu serta sang buah hati. Obat batuk untuk ibu menyusui haruslah yang aman untuk dikonsumsi baik oleh ibu menyusui maupun terhadap buah hati tercinta.

Obat batuk yang aman untuk ibu menyusui sebaiknya terbuat dari bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengobati batuk bagi ibu hamil. Obat batuk yang terbuat dari bahan alami juga tidak memiliki efek samping yang berarti bagi ibu menyusui dan air susu ibu, sehingga juga masih bisa diminum oleh buah hati. Beberapa tanaman herbal tumbuh dengan baik di Indonesia, beberapa diantaranya memang memiliki manfaat dalam mengobati batuk.

obat batuk untuk ibu hamil

Image: www.wisegeekhealth.com

Berikut beberapa obat batuk yang aman untuk ibu menyusui yang terbuat dari bahan alami, diantaranya ke enam ramuan dan bahan berikut:

Madu dan Lemon Hangat

Saat cuaca dingin menyerang minuman hangat adalah penyelamat untuk menghangatkan diri dari terpaan cuaca dingin. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi secangkir madu hangat yang diberi perasan lemon akan sangat membantu dalam menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan yang gatal.

Buah Lemon

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi buah lemon peras, mungkin resep kali ini bisa dijadikan obat batuk untuk ibu menyusui.  Buah lemon Anda beri sedikit garam serta lada, kemudian Anda bisa menghisap buah lemon yang telah dibumbui tadi. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengobati batuk yang sedang menggerogoti tenggorokan Anda.

Teh Jahe

Jahe memang salah satu herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika ibu menyusui sedang dilanda batuk, jangan buru-buru untuk mengkonsumsi obat. Anda bisa menggunakan cara ini sebagai obat batuk yang aman untuk ibu menyusui. Anda bisa menyesap secangkir teh jahe yang hangat. Masukan saja jahe yang telah digeprek ke dalam secangkir teh, dan nikmati sensasi hangat menjalar ke tenggorokan dan seluruh tubuh Anda. Dengan meminum teh jahe dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

Daun Kemangi

Daun kemangi tidak hanya enak untuk dijadikan sebagai lalapan, namun daun kemangi juga bisa Anda jadikan sebagai obat batuk yang aman bagi ibu yang sedang menyusui. Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan merebus daun kemangi dan meminum air rebusannya. Batuk Anda akan segera pergi dengan mengkonsumsi rebusan daun kemangi tersebut.

Kencur dan Jahe

Dua bahan herbal ini memang memiliki khasiat yang banyak bagi tubuh. Bagi ibu menyusui yang sedang diserang batuk cobalah untuk mengkonsumsi rebusan air dari kencur dan jahe. Tenggorokan yang gatal dan kering akibat batuk akan reda, dan akan hilang jika dikonsumsi secara rutin.

Anggur

Buah kecil yang manis dan cantik ini ternyata berkhasiat untuk mengobati batuk bagi ibu yang menyusui. Bahan yang terdapat pada buah anggur memiliki kandungan yang hampir sama dengan obat batuk berjenis ekspektoran. Buah anggur ini memiliki khasiat untuk melegakan tenggorokan. Cukup konsumsi buah anggur dalam jumlah yang banyak tanpa perlu diberi tambahan apapun. Dan batuk Anda akan mereda dengan mengkonsumsi si kecil cantik ini. Baca juga: Obat Flu Yang Aman Bagi Ibu Menyusui.

Demikianlah beberapa obat batuk untuk ibu menyusui yang bisa Anda coba dan berasal dari bahan yang alami. Dengan memakai bahan herbal tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir dengan si kecil saat akan menyusui.

Info Bumil Lainnya

Tags: Ibu Menyusui