BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM KOPI & APA EFEKNYA?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi ? Apa Efeknya? Mungkin pertanyaan tersebut pernah Kita dengar dari seorang wanita hamil ataupun lainnya. Setelah hamil, tentu saja sangat penting untuk menjaga kesehatan agar dapat memastikan bahwa bayi dalam kandungan Anda tetap sehat. Biasanya, hal paling utama dan pertama yang perlu Anda lakukan adalah segera menghentikan berbagai kebiasaan buruk tertentu. Apabila Anda seorang wanita pero-kok, maka segeralah berhenti mero-kok. Jika Anda selama ini memiliki kebiasaan meminum minuman beralko-hol, ucapkanlah selamat tinggal. Dan apa lagi selanjutnya? Ya, mungkin lebih baik lagi untuk sementara menjauhi kopi juga.

Sepintas, mungkin secangkir kopi untuk ibu hamil tampak tidak akan berbahaya, hamun tahukah Anda bahwa kelebihan kopi mampu meningkatkan risiko terjadinya kegu-guran dan memiliki kemungkinan bayi lahir dengan berat rendah?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi

Image: women.programming4.us

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang pernah dipublikasikan di dalam jurnal Pediatri dan Perinatal Epidemiology. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa Dr Massimo Giannelli bersama dengan rekan-rekannya dari London School of Hygiene & Tropical Medicine telah menjawab pertanyaan ‘ bolehkah ibu hamil minum kopi ?’ dengan memeriksa hubungan antara konsumsi kafein dan risiko terjadinya kegu-guran. Mereka telah menemukan bahwa konsumsi kafein oleh wanita hamil hingga 300mg berisiko hingga dua kali lipat untuk mengalami kegu-guran.

Para peneliti juga menjelaskan bahwa sepertinya ada suatu efek diuretik yang merang-sang kandung kemih Anda saat bekerja lebih berat. Selain itu, kandungan kafein pada juga mampu meningkatkan denyut jantung sehingga dapat dikatakan tidak aman untuk kesehatan janin dalam kandungan. Kopi untuk ibu hamil sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari satu cangkir kopi saja per harinya. Bahkan setelah ibu hamil melahirkan bayinya, lebih baik sementara waktu untuk mengurangi asupan kafein hingga fase menyusui bayi berakhir. Tubuh bayi tak mampu memetabolisme kafein. Hindari juga mengkonsumsi teh, cokelat dan juga soda.

Dailymail, pernah melaporkan bahwa studi lainnya juga yang pernah dilakukan oleh Dr Torstein Vik dari Norwegian University of Science & Technology di Trondheim. Para menemukan bahwa kafein dapat berisiko dua kali lipat menjadi penyebab bayi lahir prematur.

Masih bertanya bolehkah ibu hamil minum kopi ? Kopi untuk ibu hamil sebaiknya dihentikan dulu konsumsinya. Karena penelitian lainnya membuktikan bahwa bayi baru lahir dari ibu yang suka mengkonsumsi lebih dari 500 mg kafein setiap harinya, mempunyai denyut jantung yang lebih cepat dan juga sulit tidur di dalam beberapa hari pertamanya setelah ia lahir.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil