BAHAYA MEMAKAI KUTEKS UNTUK IBU HAMIL

Bahaya Memakai Kuteks Untuk Ibu Hamil – Ingin bayi Anda nantinya menjadi anak yang lebih cerdas? Saat masa hamil, mungkin Anda sebaiknya harus menghindari paparan berbagai bahan kimia yang berbahaya, salah satunya seperti kuteks. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Columbia University ternyata berhasil membuktikan bahwa penggunaan bahan kimia seperti memakai kuteks saat hamil, dapat menurunkan tingkat kecerdasan ataupun IQ bayi.

Para peneliti yang telah menganalisis 328 orang wanita dan juga anak-anak mereka di Kota New York ini melaporkan bahwa bahan kimia yang sering ditemukan sehari-hari seperti di-n-butyl phthalate (DnBP) ataupun di-isobutyl phthalate (DiBP) selama dalam trimester kehamilan dapat memberikan pengaruh pada IQ anak mereka setelah tujuh tahun kemudian.

Kuteks Untuk Ibu Hamil

Image: www.totalbeauty.com

Seperti dikutip oleh Newser, penulis dari studi tersebut menjelaskan bahwa DnBP dan DiBP juga ditemukan dalam berbagai jenis produk konsumen, mulai dari lipstik, hairspray dan juga kuteks atau cat kuku, bahkan produk sabun. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa  25 persen anak-anak yang telah terpapar bahan kimia yang disebut dengan phthalates selama dalam trimester ketiga kehamilan ternyata mencetak 6,6-7,6 poin lebih rendah jika dibanding dengan ibu yang selama hamilnya tidak menggunakan kuteks.

Besarnya perbedaan dari IQ tersebut tentu akan mempegaruhi prestasi akademik anak dan juga potensi kerjanya setelah besar nanti. Anda tidak mau ini terjadi dan tentunya ingin mempunyai anak yang cerdas juga sehat bukan?

Jadi apa yang perlu wanita hamil lakukan? Salah seorang ahli epidemiologi dari Columbia University New York menyarankan kepada para wanita hamil untuk mencoba mengurangi eksposur pada phthalates, dengan cara menghindari mengonsumsi makanan di dalam plastik yang dihangatkan dengan microwave, kemudian sebaiknya menghindari dulu produk beraroma, termasuk diantaranya produk pembersih, produk penyegar udara dan wangi produk dari perawatan pribadi, misalnya seperti sabun ataupun kuteks, karena kuteks untuk ibu hamil juga ternyata kurang aman. Dan sebaiknya hindari penggunaan plastik yang telah diberi label 3, 6, atau 7. Baca juga: 5 Kosmetik Yang Tidak Aman Untuk Ibu Hamil.

Sudah cukup jelas bukan bahaya kuteks untuk ibu hamil ini? Sebaiknya Anda hindari . Selain itu, para peneliti juga menyarankan agar para wanita hamil menyimpan makanannya dalam wadah kaca daripada wadah plastik.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil