5 JENIS KOSMETIK IBU HAMIL YANG TIDAK AMAN

5 Jenis Kosmetik Ibu Hamil Yang Tidak Aman – Cukup banyak pantangan ibu hamil yang harus dihindari. Pantangan ini sebenarnya dilakukan untuk dapat memastikan agar bayi tetap dalam keadaan sehat pada saat masih di dalam kandungan. Namun tahukah Anda, saat sedang hamil, Anda juga perlu memperhatikan kandungan bahan kosmetik yang dipakai. Apabila Anda termasuk seorang wanita yang senang dandan atau bersolek, maka hal ini mungkin akan menjadi sebuah berita buruk. Karena faktanya sebagian besar dari kosmetik yang mengandung bahan yang cukup berbahaya bagi tubuh, demikian pula bagi janin.

Apabila tidak berhati-hati dalam memilih jenis kosmetik yang tepat, maka akan berbahaya bagi kesehatan Anda dan juga bayi dalam kandungan Anda. Memilih sebuah produk kecantikan yang berbahan dasar alami tentu saja menjadi salah satu alternatif pilihan yang aman.

kosmetik ibu hamil

Image: www.6minutes.com.au

Apakah racun yang ada dalam kosmetik bisa berbahaya bagi janin? Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukan bahwa hampir 170 bahan kimia bisa menimbulkan ancaman kesehatan bagi jabang bayi yang ditemukan di dalam bahan pembuatan kosmetik yang sering digunakan oleh wanita hampir di setiap harinya. Berikut ini adalah 5 jenis kosmetik ibu hamil yang tidak aman atau mengandung bahan yang berbahaya serta dapat membahayakan janin Anda seperti dilansir dari laman Boldsky.

Karsinogen

Sejumlah kosmetik yang sering wanita pakai yang memiliki kandungan zat karsinogen yang dapat memicu timbulnya kanker pada jaringan kulit Anda. Ini juga akan sangat berbahaya bagi janin di dalam kandungan Anda. Cek dulu apakah kosmetik Anda mengandung bahan yang satu ini atau tidak.

Lipstik

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa sebagian kecil dari lipstik bermerek ternyata berbahan dasar yang memiliki kandungan timbal. Hal tersebut berarti bahwa memakai lipstik di saat Anda sedang makan ataupun minum bisa bahaya karena Anda dimungkinkan akan menelan kandungan timbal yang ada di dalam lipstik.

Sampo

Beberapa jenis sampo dinyatakan aman, tapi ternyata banyak merek lainnya yang tidak mengikuti standar dari manufaktur. Sampo-sampo ini terbukti berbahaya bagi seorang ibu hamil dan juga balitanya. Hal tersebut karena produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan yang beracun.

Parfum Dan Deodorant

Ini merupakan salah satu jenis kosmetik yang harusnya sangat dihindari pada saat dalam masa kehamilan. Parfum dan juga deodoran yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari ini dinyatakan memiliki kandungan senyawa kimia.

Pewarna rambut

Apakah Anda sedang berencana mewarnai rambut Anda dalam waktu dekat? Untuk para ibu hamil sementara ini, sebaiknya tunda dulu rencana Anda tersebut. Karena, beberapa merk pewarna rambut memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan Anda.

Cat kuku

Sebagian dari cat kuku yang di jual di pasaran memiliki kandungan bahan berbahaya, yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan secara serius, baik bagi ibu ataupun bayinya.

Itulah 5 jenis kosmetik ibu hamil yang tidak aman atau mengandung bahan yang berbahaya bagi ibu dan juga janinnya. Untuk ibu hamil disarankan sementara waktu ini untuk tidak menggunakan kosmetik dulu. Jika Anda tetap ingin memakainya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda, agar mendapat arahan yang lebih jelas mengenai berbagai merk kosmetik yang biasa Anda pakai.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil