TIPS IBU HAMIL 36 MINGGU DAN PERKEMBANGAN JANINNYA

Hamil 36 minggu merupakan periode dari masa-masa kehamilan yang memang selalu menggembirakan bagi suami istri. Saat hamil, rasanya selalu tak sabar menunggu datangnya sang jabang bayi yang sedang dikandung oleh bunda. Masa kehamilan di usia-usia awal hingga usia persalinan memang harus tetap dijaga, agar bayi serta bunda yang mengandungnya dalam kondisi yang sehat sempurna. Selain itu, bunda pasti selalu penasaran dengan keadaan janin di dalam kandungan dari masa ke masa. Maka wajar, jika bunda banyak mencari informasi mengenai perkembangan janin di dalam kandungan.

Bagi bunda yang kini sedang hamil 36 minggu, tentu ingin mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungan bunda. Usia kehamilan 36 minggu sendiri merupakan usia-usia trimester terakhir kehamilan yang sebentar lagi akan menghadapi masa persalinan. Nah, bagi Anda yang ingin tahu perkembangan janin hingga kondisi rahim di usia kehamilan 36 minggu berikut ini ulasannya untuk Anda.

hamil 36 minggu

Image: www.liberationnews.org

Saat bunda sedang merasakan kehamilan di usia 36 minggu, maka kondisi rahim bunda akan semakin membesar serta posisi rahim sendiri terletak pada bagian bawah tulang rusuk bunda. Pada usia kehamilan 36 minggu sendiri, bunda sudah mencapai tahap peregangan akhir. Nah, pada kondisi serta usia kehamilan inilah Anda sebaiknya lebih sering berkonsultasi pada dokter kandungan. Pada usia kehamilan ini, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan konsultasi seminggu sekali agar perkembangan rahim dan janin bisa terkontrol. Pada masa-masa kehamilan di usia 36 minggu inilah bagian panggul dan bokong Anda menjadi tidak nyaman.

Di usia kehamilan 36 minggu, kondisi bayi sudah mulai membesar hingga berukuran 20,7 inchi dengan berat hingga 4 kg. Sementara itu, posisi bayi sendiri berada di bagian bawah perut yang lebih rendah, sedangkan posisi kepala bayi sendiri di usia kehamilan ini akan berada di bawah dan mulai mencari jalan lahir untuk mempersiapkan proses persalinan. Pada otak bayi itu sendiri sudah mulai berkembang dengan pesat dengan peningkatan pada respon bayi dalam kandungan, seperti mulai berkedip. Di usia kehamilan 36 minggu ini, bunda harus mengikuti beberapa tips yang wajib bunda lakukan.

Periksa kandungan seminggu sekali

Pada usia kehamilan 36 minggu, maka bunda harus rutin memeriksakan diri dan kandungan seminggu sekali ke dokter kandungan sampai proses persalinan. Bunda juga mulai melakukan pemeriksaan tekanan darah, urine, ukuran uterin hingga berat badan di usia ini.

Mulai membiasakan diri buang air kecil tiap malam

Pada usia-usia ini, posisi bayi sendiri berada di bawah sehingga dapat menekan saluran ke-mih. Maka wajar, jika di usia ini bunda sering buang air kecil. Pada saat ini, bunda harus waspada ketika buang air kecil. Sebaiknya, hindari kamar mandi yang terlalu licin untuk menghindari tersandung atau kepeleset ketika di kamar mandi.

Lakukan persiapan persalinan

Di trimester terakhir ini, maka Anda harus melakukan banyak persiapan persalinan. Mulai dari latihan hingga peralatan bayi. Dengan begitu, Anda bisa lebih rileks dan tenang menghadapi persalinan.

Ya, itulah perkembangan janin dan tips hamil 36 minggu bagi bunda. Semoga bermanfaat!

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil