BERAPA & KENAPA BERAT BADAN IDEAL IBU HAMIL SANGAT PENTING?

Berapa berat badan ideal ibu hamil sebenarnya dan kenapa harus menjaganya? Saat menjalani kehamilan pasti para ibu akan mengalami kenaikan berat badan, kenaikan berat badan ibu hamil itu sangatlah wajar, karena semakin lama pertumbuhan bayi semakin besar hingga mereka lahir.

Nah bagi Anda yang saat ini sedang mengandung atau mengalami kehamilan, maka akan sangat penting untuk menjaga berat badan kehamilan tetap ideal. Karena dengan berat badan ibu hamil yang ideal, bayi yang dilahirkan nantinya akan lahir secara normal dan baik, sedangkan jika berat badan ibu hamil normal tidak dijaga dengan baik, maka ibu akan mengalami obesitas yang berujung pada kelahiran bayi cacat. Inilah beberapa alasan kenapa berat badan ideal ibu hamil sangat penting:

berat badan ideal ibu hamil

Image: www.babymed.com

Mengubah Gen Bayi

Sebuah studi penelitian menunjukan bahwa kenaikan berat badan ibu hamil secara drastis dapat berpengaruh pada gen bayi yang akan dilahirkan. Maka dari itu sangat penting apabila bunda menjaga berat badan ideal saat hamil, terutama saat akan melahirkan atau hamil tua.

Risiko Diabetes

Seorang bunda yang sedang mengalami kehamilan memang sudah sangat wajar mengalami kenaikan berat badan. akan tetapi jika berat badan ibu hamil tidak dijaga dengan baik maka akan menimbulkan masalah diabetes. Penyakit ini disebabkan karena kadar gula dalam darah ibu mengalami peningkatan karena banyak lemak atau gemuk.

Risiko Infeksi

Seorang ibu yang mengalami obesitas atau kegemukan pada saat hamil, akan berisiko lebih tinggi terkena infeksi saluran kemih, bukan hanya itu saja. bunda mengandung juga akan mengalami infeksi saat melahirkan anak mereka baik cesar ataupun normal.

Sulit Melahirkan Normal

Jika Anda ingin melahirkan seorang bayi dengan normal, maka akan sangat penting apabila Anda mulai sekarang menjaga berat badan kehamilan yang ideal, karena kebanyakan ibu hamil tidak bisa melahirkan dengan normal akan tetapi dibantu dengan cesar atau operasi.

 

Komplikasi Caesar

Kemungkinan seorang ibu hamil yang mengalami obesitas, kadar gula dalam darah mereka menjadi tinggi, sehingga saat mereka melakukan operasi cesar, luka cesar tersebut akan lama sembuhnya, hal ini terjadi karena darah mengandung glukosa yang sangat tinggi sehingga luka mengalami komplikasi saat setelah operasi cesar.

Kelahiran Tertunda

Menjaga kenaikan berat badan ibu hamil yang ideal sangat penting karena kebanyakan kasus menunjukan bahwa ibu yang mengalami kenaikan berat badan yang berlebih atau obesitas, mereka mengalami penundaan kelahiran, seprti seharusnya 9 bulan sudah lahir akan tetapi mundur hingga 2 minggu atau bahkan 1 bulan.

Masalah Tidur (Apnea)

Alasan sangat pentingnya menjaga berat badan normal ibu hamil yang terakhir adalah karena seorang ibu yang mengalami obesitas akan lebih berisiko terkena apnea tidur atau gangguan masalah ketika tidur. Seperti sesak napas secara mendadak ataupun mendengkur, sesak napas ini akan sangat berbahaya baik untuk ibu hamil ataupun janin yang dia kandung.

Berapakan berat badan ibu hamil yang Ideal itu? Kenaikan berat badan normal ibu hamil atau ideal berkisar antara 12-15 kg. Sedangkan untuk trimester kedua kenaikan berat badan akan bertambah dengan cepat setiap harinya bisa mencapai 10 gr per hari (pada minggu ke 16 sekitar 90 gr, sedangkan pada minggu ke 20 sekitar 256 gr, pada minggu ke 24 sekitar 680 gram, pada minggu ke 27 sekitar 900 gram). Nah sedangkan untuk berat badan ideal sebelum ibu memasuki masa kehamilan berkisar antara 45-65 Kg, tergantung tingi badannya. Itulah sedikit informasi mengenai berapa dan kenapa berat badan ideal ibu hamil itu sangat penting dan perlu dijaga dengan baik.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil