8 MANFAAT AIR KELAPA UNTUK IBU HAMIL

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil bukanlah hanya sekedar mitos. Air kelapa ini selain dapat menghilangkan dahaga dan mengobati dehidrasi juga dapat menawarkan berbagai ra-cun dalam tubuh. Dan juga sangat dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, simak 8 manfaat air kelapa bagi ibu hamil berikut ini.

Air kelapa merupakan minuman nol kolesterol

Air kelapa adalah air alami yang bisa kita peroleh dari buah kelapa segar, air ini tidak mengandung lemak dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Selain itu, kolesterol baik atau yang sering kita kenal dengan HDL dapat meningkat dalam tubuh. Dengan meminum air kelapa ini, kadar kolesterol dapat tetap terjaga selama hamil.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Image: coconutvitamin.blogspot.com

Ganti cairan tubuh dengan cepat

Ibu hamil akan mudah mengalami haus dan dehidrasi, namun tubuh akan dapat menyerap cairan segar ini dengan mudah sehingga dehidrasi dapat segera teratasi. Air kelapa ini dapat Anda minum setiap saat, sehingga Anda akan mendapatkan kesegaran sepanjang hari. Baca juga: Bahaya Dehidrasi Bagi Wanita Hamil.

Menjaga imunitas

Masa kehamilan adalah masa yang berat, karena ibu hamil bisa sangat mudah terserang flu, batuk, pusing dan masuk angin. Namun dengan mengkonsumsi air kelapa, maka ibu hamil bisa tetap terjaga kekebalan tubuhnya. Ini disebabkan air kelapa memiliki sifat anti-jamur, bakteri dan virus.

Mengatasi sembelit

Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit. Ini bisa disebabkan karena kurangnya sayur dan buah atau cairan dalam tubuh. Namun dengan mengkonsumsi air kelapa, maka gangguan sembelit akan dapat teratasi dengan mudah. Sebaiknya sebelum sembelit menyerang mengkonsumsi air kelapa secukupnya. Agar Anda dapat melakukan BAB dengan lancar. Selain dilakukan dengan kelapa muda, Anda juga dapat minum air putih secukupnya setiap hari. Baca juga: Mengatasi Sembeit Setelah Melahirkan.

Mencegah infeksi

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lain adalah dapat mencegah infeksi saluran kemih yang biasa terjadi pada ibu hamil. Ini dikarenakan air kelapa adalah merupakan diuretik alami, sehingga dapat membantu meningkatkan aliran urine.

Membantu pencernaan

Agar pencernaan Anda lancar, sebaiknya perbanyaklah konsumsi buah dan sayur setiap hari. Selain itu juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air kelapa. Karena air kelapa mengandung elektrolit alami yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pencernaan. Dengan mengkonsumsi air kelapa setiap hari, maka pencernaan dalam tubuh akan menjadi lancar.

Menurunkan berat badan

Ketika usia kandungan memasuki usia trimester kedua, biasanya ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan secara drastis. Untuk mencegah agar tidak terjadi kegemukan pada saat hamil, maka biasanya ibu hamil harus melakukan diet tertentu. Selain itu, berat badan dapat diturunkan dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi air kelapa ini. Baca juga: Berat Badan Bumil Tentukan Kecerdasan Bayi.

Mengatasi kekurangan garam

Masalah lain yang biasa dialami oleh ibu hamil adalah kekurangan garam pada tubuh. Akibatnya badan akan lemas, tidak tahan terhadap udara dingin, berdampak kasar pada rambut, kekeringan pada kulit dan mengelupas. Akibat yang akan diderita janin adalah dapat menghambat pertumbuhan IQ. Jika ibu hamil mengalami hal ini, maka dengan mengkonsumsi air kelapa secukupnya masalah bisa teratasi secara alami.

 

Itulah 8 manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang bisa kita ambil, meskipun sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang lain. Dengan pengetahuan ini, maka kita menjadi tahu bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa bukanlah hanya sekedar mitos yang tidak benar yang beredar dari kalangan orang tua jaman dulu.

Info Bumil Lainnya