6 TIPS MENYUSUI SAAT HAMIL AGAR TETAP SEHAT

Menyusui saat hamil sebenarnya tidak memberikan dampak nyata baik bagi janin maupun bagi bayi yang Anda susui. Ya, kehamilan merupakan anugerah dari Tuhan yang tidak dapat ditunda-tunda ataupun dipercepat. Ketika kita tidak merencanakan kehamilan anak ke 2, justru kembali Tuhan menghadirkan janin di dalam kandungan. Hal ini pun tidak dapat ditolak, hingga akhirnya bunda harus menikmati kehamilan selagi masih menyusui bayi bunda karena belum berusia 2 tahun. Namun terkadang, bunda sendiri ragu menyusui bayi bunda ketika masih hamil karena khawatir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi terutama pada janin yang bunda kandung.

Jika kita memperhatikan dari prioritas, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah janin yang dikandung, kemudian anak yang masih menyusui dan selanjutnya adalah sang ibu. Namun, bunda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang harus bunda perhatikan ketika menyusui bayi saat sedang hamil seperti berikut ini:

menyusui saat hamil

Image: womenworld.org

Mengkonsumsi asupan gizi yang cukup

Karena kini bunda harus memenuhi asupan bayi yang disusui, bayi yang dikandung hingga asupan bunda sendiri, maka bunda harus mengkonsumsi tiga kali lipat asupan gizi yang cukup untuk memenuhi ketiganya. Bunda harus mengkonsumsi sejumlah makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi yang penting. Apalagi jika bayi/balita bunda masih ingin mengkonsumsi ASI, karena biasanya ketika hamil maka ASI yang diproduksi oleh ibu akan lebih berkurang baik kuantitasnya maupun kualitasnya. Terkadang bayi/balita yang disusui menjadi berhenti atau tidak ingin menyusui ASI lagi, namun ada beberapa bayi/balita yang masih ingin menyusui meskipun produksi ASI yang dihasilkan ibu tidak banyak. Penuhi asupan gizi bunda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan protein, karbohidrat dan mineral juga vitamin.

Memperbanyak konsumsi air putih

Karena bunda harus memenuhi asupan cairan dari ketiga individu, maka bunda harus memperbanyak konsumsi cairan dengan meminum air putih lebih banyak untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi sendiri akan berdampak buruk bagi janin, ASI maupun kondisi bunda yang sedang hamil.

Hindari menggendong bayi terlalu sering

Bagi bunda yang memiliki balita atau bayi saat sedang hamil sebaiknya hindari terlalu sering menggendong balita bunda agar tidak menekan janin dalam kandungan bunda.

 

Memperbanyak asupan makanan berserat

Anda juga harus mengkonsumsi banyak makanan berserat untuk melancarkan metabolisme dan memperbanyak produksi ASI ketika menyusui saat hamil. Dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, maka bunda juga bisa mencegah sembelit.

Periksakan kehamilan ke dokter kandungan dengan rutin

Agar memastikan kondisi bunda dan janin yang dikandung, sebaiknya bunda rutin untuk memeriksakan kandungan ke dokter kandungan. Apalagi kondisi bunda yang hamil lagi ketika usia bayi bunda belum memasuki usia 2 tahun biasanya masih belum benar-benar pulih, maka dari itu harus rutin memeriksakan kehamilan bunda ke dokter kandungan.

Konsultasikan ke dokter apabila memiliki riwayat kegu-guran

Bagi bunda yang memiliki riwayat kegu-guran, ketika hamil lagi saat sedang menyusui sebaiknya konsultasikan diri ke dokter kandungan. Bagaimana solusinya, apakah harus berhenti menyusui ataukah sebaliknya.

Demikianlah 6 tips menyusui saat hamil agar kondisi bunda dan bayi tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil