KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH NAGA UNTUK IBU HAMIL

Kandungan Dan Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil – Buah-buahan memang sangat dibutuhkan bagi seorang wanita hamil karena cukup kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi. Namun, tentu saja tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, karena ada jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil harus mengetahui buah apa saja yang layak untuk mereka konsumsi.

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk ibu hamil. Serat, kalsium dan berbagai vitamin yang terkandung di dalam buah naga tentunya sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin. Buahyang satu ini dapat dinikmati oleh ibu hamil dengan cara dipotong kecil-kecil layaknya cemilan dan bisa juga dicampur dengan susu serta es seperti es buah. Lantas apa saja kandungan dan manfaat buah naga untuk ibu hamil?

 

Buah naga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil karena cukup kaya akan kandungan vitamin C, serta karbohidrat, folat, karoten dan juga serat yang sangat baik bagi ibu hamil. Asam folat dibutuhkan bagi pembentukan sel darah merah. Apabila seorang ibu hamil ternyata kekurangan folat, dia mungkin akan mempunyai risiko melahirkan bayi dengan cacat padabagian sistem saraf otak atau cacat pada tabung saraf (Neural Tube Deffect).

buah naga untuk ibu hamil

Image: fruithealthfacts.blogspot.com

Selain itu, karbohidrat pada buah naga juga memberikan energi yang sangat penting untuk semua orang, namun sangat bermanfaat untuk seorang ibu hamil yang sering cepat merasa kelelahan. Buah naga juga memiliki kandungan kalsium, yang merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan juga bayinya. Protein, zat besi serta potasium semuanya dapat membantu tubuh ibu hamil dalam meningkatkan ketahanan pada penyakit.

Buah buahan tropis seperti halnya buah naga, mengandung fitokimia. Ini merupakan zat yang berfungsi untuk menciptakan warna-warna yang cerah pada buah. Selain itu, zat ini juga berperan sebagai sebagai anti antioksidan dan mampu melawan penyakit.

Ibu hamil juga sangat memerlukan asupan vitamin B1 agar dapat membantu pertumbuhan janin, mampu melancarkan pencernaan, membantu penyerapan protein, membantu dalam merubah karbohidrat jadi energi, serta dapat membantu fungsi saraf. Kekurangan vitamin yang satu ini dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, penyakit beri-beri dan juga konstipasi atau sembelit pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah naga, maka kebutuhan tubuh pada vitamin B1 nantinya akan terpenuhi. Oleh karena itu, buah naga termasuk buah yang baik untuk ibu hamil.

Itulah kandungan dan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang harus diketahui. Buah naga merupakan jenis buah tropis yang bemanfaat dn dapat dijadikan asupan nutrisi pada program diet Anda dengan mengonsumsi lima hingga sepuluh buah tiap harinya. Jika Anda tidak suka dengan rasanya, sekarang sudah cukup banyak milkshake buah naga, yang bergizi dan juga menyegarkan sekaligus dapat memberikan sumber serat serta vitamin bagi ibu hamil dan anak-anak. Caranya cukup mudah, tinggal kupas saja kulit buah naga, potong bagian dagingnya jadi berbentuk kubus. Dan tambahkan 1 gelas susu rendah lemak dan juga es batu, blender dulu selama beberapa menit hingga lembut.

Info Bumil Lainnya

Tags: Nutrisi Ibu Hamil