8 CARA MENGHILANGKAN STRETCH MARK DAN SELULIT IBU HAMIL

8 Cara Menghilangkan Stretch Mark Dan Selulit Ibu Hamil – Mengandung bayi merupakan salah satu kebahagiaan ibu hamil, namun selain beberapa perubahan pada anggota tubuh, ada juga gangguan yang muncul pada kulit sebagian ibu hamil. Ada dua macam gangguan pada kulit yang seringkali menjadi keluhan pada seorang ibu hamil, yaitu selulit dan stretch mark.

Stretch mark adalah tanda parut yang berupa gurat-gurat putih yang muncul pada permukaan kuli,t antara lain di bagian dinding perut, bagian lengan atas, pinggul, paha, bagian bokong dan juga pay-udara. Sedangkan selulit adalah gangguan kulit seperti kulit yang bergelombang dan memiliki tekstur menyerupai kulit jeruk.

cara menghilangkan selulit saat hamil

Image: womanworld.org

Stretch mark sendiri terjadi karena adanya peregangan pada kulit yang terlalu cepat dan berlebihan yang diakibatkan janin yang terus membesar. Namun, ternyata tidak semua wanita hamil mengalami gangguan kulit seperti ini.

Selulit juga tidak hanya terjadi pada seorang wanita hamil, tetapi juga bisa terjadi akibat pertambahan usia yang mengakibatkan elastisitas kulit jadi berkurang. Pada saat hamil, naiknya hor-mon menyebabkan kulit akan menyimpan lebih banyak lemak untuk dapat melindungi janin, sehingga terjadilah penumpukan lemak. Ada 8 cara menghilangkan stretch mark dan selulit ibu hamil yang mesti Anda simak, berikut penjelasan singkatnya:

  1. Jagalah penambahan berat badan saat kehamilan sesuai dengan yang dianjurkan. Penambahan berat badan yang normal ketika hamil dari 0 hingga 9 bulan adalah 11 kg. Selain stretch mark, obesitas pada ibu hamil juga sangat berbahaya bagi janin.
  2. Oleskan pelembab secara teratur pada beberapa bagian tubuh untuk menjaga elastisitas dan juga kekencangan kulit.
  3. Pilih lotion khusus yang memiliki kandungan kolagen untuk membantu mengembalikan elastisitas kulit saat masa kehamilan. Minyak zaitun ataupun baby oil juga bisa menjadi alternatif lainnya bagi ibu hamil. Baca juga: Perawatan Kecantikan Ibu Hamil.
  4. Olahraga dengan teratur guna melancarkan sirkulasi darah dan juga oksigen di dalam tubuh. Pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki ataupun berenang dan Anda bisa melakukannya 2x seminggu. Silahkan membaca 6 Olahraga Yang Aman Bagi Ibu Hamil untuk lebih jelasnya.
  5. Jalani hidup yang sehat dengan pola makan seimbang, minumlah air putih yang cukup, dan sebaiknya kurangi mengonsumsi lemak berlebih. Perbanyak mengonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil dan sayur yang kaya akan kandungan anti oksidan. Hindari buah yang tidak baik untuk ibu hamil.
  6. Dianjurkan untuk dapat mengikuti senam hamil. Silahkan membaca: Inilah Gerakan Senam Ibu Hamil.
  7. Lulur dan pijatan ringan juga bisa membantu meminimalkan timbulnya stretch mark.
  8. Gunakan cream anti stretchmark  khusus ibu hamil untuk membantu mengurangi munculnya stretch mark sekaligus untuk melembabkan kulit secara intensif.

Itulah 8 cara menghilangkan stretch mark dan selulit ibu hamil yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa menjaga asupan nutrisi yang penting saat hamil serta selalu memeriksakan kandungan ke dokter dengan rutin.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil