7 GERAKAN SENAM IBU HAMIL DAN VIDEO PANDUAN

7 Gerakan Senam Ibu Hamil Dan Video Panduan – Senam ibu hamil mungkin merupakan salah satu cara alami yang cukup efektif untuk mengurangi rasa sakit saat proses persalinan dan memperlancarnya. Bagi seorang wanita yang sedang hamil, persalinan biasanya menjadi momentum yang cukup membuat stres, terutama yang baru pertama kali.

Sesuai dengan namanya, senam ini memang dikhususkan untuk ibu hamil dan dapat dilakukan dalam waktu tertentu. Meskipun tidak ada ketentuan standar tentang kapan sebaiknya senam kehamilan ini dilakukan, tapi kalangan medis pada umumnya menekankan agar senam kehamilan ini dilakukan setelah usia kehamilan memasuki usia 22 minggu. Berikut 7 gerakan senam ibu hamil dan video panduan yang bisa Anda tonton di bagian akhir untuk dipraktekkan.

1. Senam Posisi Tidur

Anda bisa tidur sambil terlentang di atas sebuah alas yang tidak begitu keras, letakkan kedua kaki Anda di atas kursi dengan posisi pinggang yang masih di lantai. Setelah itu angkat bagian pan-tat dengan siku lengan yang dijadikan sebagai tumpuan. Lakukan gerakan seperti ini secara perlahan kurang lebih selama sekitar 1 menit di dalam 8 set latihan.

Gambar Senam Ibu Hamil

Image: panduancaracepathamil.wordpress.com

2. Senam Posisi Duduk

Dengan posisi sambil duduk bersila dan badan yang tegap, arahkan kedua lengan Anda menghadap ke depan. Bisa juga hal tersebut dilakukan dengan kaki yang direntangkan selebar mungkin tapi dengan posisi badan yang tetap tegak. Kemudian condongkan atau bungkukkan bagian badan ke depan sekitar beberapa derajat dengan perlahan dan kembali lagi ke posisi tegak.

Gambar senam ibu hamil 2

Image: duniaterbaru.com

3. Senam Posisi Berdiri

Dengan posisi berdiri, pegang dan angkatlah sebuah barbell seberat 0,5 hingga 1 kg di bagian samping kepala dan kemudian lakukan gerakan dengan cara mengatupkan kedua lengan, kemudian membukanya kembali secara berulang-ulang. Setelah itu angkatlah kedua tangan dengan beban itu ke atas dan kemudian kembali ke samping kepala secara berulang juga. Lakukan gerakan senam kehamilan ini setidaknya 10 kali .

Senam ibu hamil muda

Image: www.amando.it

4. Senam Dengan Jalan Kaki

Rutinitas yang ringan seperti berjalan kaki di waktu pagi hari selama 5 hingga 10 menit termasuk dalam kategori senam karena banyak otot akan bergerak dengan lancar dan memudahkan persalinan.

senam ibu hamil 7 bulan 2

Image: www.shutterstock.com

5. Senam Posisi Jongkok

Anda dapat jongkok dan usahakan posisi punggung Anda tetap lurus kemudian turun secara perlahan dan naik kembali. Lakukan dengan rutin selama 5-20 detik tiap hari.

Senam ibu hamil 7 bulan 1

Image: Image: duniaterbaru.com

6. Senam Dengan Pinggul Miring

Gerakan memiringkan panggul dapat menambah kekuatan otot perut dan sekaligus meredakan sakit pinggang terutama pada trimester ketiga. Posisi senam merangkak dengan kepala yang sejajar punggung, kepala tengadah ke atas sambil menarik nafas dan melepas nafas. Lakukan hal ini dengan santai. Berlatihlah secara rutin beberapa kali sehari.

Gambar senam ibu hamil 3

Image: www.gettyimages.com

7. Senam Pose Tailor

Pose tailor ini disebut juga pose kupu-kupu dalam gerakan yoga. Yaitu dengan duduk di lantai dengan punggung yang lurus ke dinding. Kedua telapak kaki Anda saling menyentuh rapat dan dorong lutut Anda ke arah bawah hingga menyentuh lantai. Manfaat gerakan ini adalah untuk melatih bagian otot paha agar menghilangkan stres punggung bagian bawah wanita hamil. Lakukan latihan seperti ini 10 sampai 20 detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

senam ibu hamil 7 bulan

Image: duniaterbaru.com

Jika Anda masih bingung dengan berbagai keterangan di atas, silahkan perhatiakn dengan baik video senam ibu hamil berikut ini:

Itulah 7 gerakan senam ibu hamil dan video panduan yang bisa Anda praktekkan. Jika Anda masih ragu, sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter kandungan ataupun ahli yang berkompeten di bidang kehamilan.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil