MANFAAT MINYAK KELAPA DI MASA KEHAMILAN

Manfaat Minyak Kelapa Di Masa Kehamilan – Saat kehamilan ataupun pasca melahirkan membuat sistem kekebalan wanita berisiko untuk menurun sehingga cukup mudah terkena penyakit. Apabila terkena penyakit tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan bayi dalam kandungan ataupun setelah si kecil lahir. Oleh karena itu, seorang ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa karena mempunyai sifat antivirus dan juga anti bakteri yang dapat membantu Anda untuk mencegah flu atau gangguan berbagai v!rus lainnya. Mengkonsumsi dua sendok minyak kelapa setiap hari mampu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda selama kehamilan. Lantas apa manfaat minyak kelapa di masa kehamilan selain menjaga sistem kekebalan tubuh?

Ada beberapa alasan kenapa seorang wanita harus mengkonsumsi minyak kelapa yang dapat ditambahkan ke dalam minuman ataupun makanan selama dalam masa kehamilan ataupun pasca melahirkan, berikut penjelasannya sebagaimana dilansir oleh Motherandbaby:

Seputar kehamilan

Image: audrey.buzznet.com

Sumber asam laurat
Selain Air Susu Ibu atau ASI, minyak kelapa juga merupakan sumber terbaik bagi asam laurat. Tentu saja mengkonsumsi minyak kelapa menjadi salah satu cara mudah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan juga si kecil. Selain itu, mengkonsumsi minyak kelapa juga dapat membantu menambah produksi ASI selama masa menyusui. Jadi, apabila Anda mengkonsumsi minyak kelapa, maka segala jenis kebaikannya akan diperoleh oleh bayi melalui ASI.

Menurunkan efek samping selama kehamilan
Apabila Anda sering mengalami morning sickness, mulas ataupun sembelit, mengkonsumsi sedikit minyak kelapa mampu membantu untuk meringankan gejala-gejala tersebut. Minyak kelapa bisa menenangkan perut dan juga membersihkan bakteri tidak baik dari kerongkongan, serta mampu menetralkan asam di dalam lambung.

Membantu untuk mengobati iritasi ringan
Selama dalam masa kehamilan bukan tidak mungkin jika muncul iritasi. Tapi, menggosokkan sedikit minyak kelapa ke dalam setiap daerah yang gatal atau kering mampu meringankan gejala tersebut.

Mencegah stretch mark
Setelah melahirkan, munculnya stretch mark merupakan kekhawatiran bagi kebanyakan ibu hamil. Namun, mengkonsumsi minyak kelapa ternyata dapat mencegah stretch mark selama masa kehamilan dan juga dapat membantu untuk memudarkannya setelah melahirkan. Hal ini karena minyak kelapa punya sifat pelembab dan juga mengandung vitamin E.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa di masa kehamilan. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang makanan yang akan dikonsumsi.

Info Bumil Lainnya

Tags: Nutrisi Ibu Hamil