4 KELUHAN IBU HAMIL SETELAH MELAHIRKAN CAESAR

4 Keluhan Ibu Hamil Setelah Melahirkan Caesar – Kelahiran secara normal kini sangat jarang untuk ditemui pada banyak ibu yang melakukan persalinan normal. Hal tersebut karena sebagian besar wanita saat ini cenderung lebih suka persalinan caesar. Salah satu alasannya dikarenakan melahirkan secara caesar dirasa akan lebih mudah dan juga tidak menyakitkan jika dibandingkan dengan melahirkan normal. Tapi, memang dalam beberapa kasus, para ibu hamil terpaksa harus melakukan operasi caesar dikarenakan kondisi medis tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa melahirkan dengan operasi caesar membuat beberapa efek samping. Inilah 4 keluhan ibu hamil setelah melahirkan Caesar:

1. Bekas luka
Operasi caesar tentunya akan meninggalkan bekas luka yang akan cukup sulit untuk dihilangkan. Anda akan mempunyai jaringan parut yang terbentuk sedemikian rupa di bagian sisi operasi. Jaringan parut tersebut dapat menimbulkan masalah lagi nantinya. Bagaimana jika Anda memerlukan melakukan tindakan operasi penting lainnya dikemudian hari.

Operasi Caesar

Image: acupuncture-pregnancy.com

2. Bed rest
Anda perlu mengambil waktu sekitar 3 bulan untuk dapat beristirahat secara total setelah menjalani operasi caesar. Ingat, jangan pernah menyepelekan masa penyembuhan ini, sebab sisa jahitan dari bekas caesar tidak akan mudah kering.

3. Hernia
Hernia merupakan penyakit yang tumbuh dikarenakan adanya luka yang dalam pada tubuh. Hal tersebut umumnya dapat terjadi setelah wanita menjalani persalinan secara caesar. Apabila Anda tidak mengambil waktu istirahat yang cukup setelah melahirkan sesuai dengan saran dokter, Anda berisiko besar akan terkena hernia.

4. Sakit punggung
Sakit punggung menjadi salah satu keluhan umum yang banyak terjadi dikarenakan anestesi epidural. Namun juga dapat terjadi disebabkan jahitan. Setiap kali Anda sedang tertawa ataupun batuk, Anda biasanya akan merasakan nyeri yang rasanya seperti digigit semut. Hal tersebut juga akan dapat menyebabkan sakit pada punggung.

Itulah 4 keluhan ibu hamil setelah melahirkan Caesar yang merupakan efek samping jangka panjang jika Anda melahirkan secara caesar. Meskipun dalam beberapa kasus medis tertentu, para ibu terpaksa harus menjalani persalinan secara caesar.

Info Bumil Lainnya