12 TANDA-TANDA MELAHIRKAN BAYI SANGAT DEKAT

12 Tanda-Tanda Melahirkan Bayi Sangat Dekat – Nyeri merupakan rasa sakit yang biasa terjadi sebelum melahirkan. Tapi sebenarnya, nyeri saat persalinan bukanlah suatu proses yang berkesinambungan. Timbulnya gejala ini dimulai dengan adanya rasa sakit yang ringan pada punggung dan kemudian semakin menjalar dengan perlahan ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, seorang wanita harus dapat mendeteksi rasa sakit yang sedang dirasakannya. Apakah itu merupakan tanda-tanda mau melahirkan atau hanya keluhan ibu hamil yang umum semata. Berikut adalah 12 tanda-tanda melahirkan bayi sangat dekat sebagaimana yang dilansir oleh Boldsky.

1. Perubahan bentuk tubuh
Secara alami, perubahan pada h0rmon saat akan melahirkan dapat membuat bentuk tubuh ibu hamil jadi berubah. Misalnya tulang kema-luan yang melebar membuat dasar pang-gul semakin lunak untuk dapat mempermudah jalan lahir si kecil. Pay-udara juga tampak semakin membesar karena ASI yang sudah mulai diproduksi.
Tanda akan melahirkan2. Sakit punggung
Ini merupakan gejala paling umum yang paling sering dirasakan sebelum melahirkan atau persalinan. Oleh karena itu, para wanita harus dapat membedakan antara sakit pada bagian punggung yang normal atau merupakan salah satu dari tanda-tanda mau melahirkan.

3. Perut ibu hamil terasa mengeras
Perut ibu hamil terasa mengeras yang disebabkan calon bayi mulai turun ke arah mulut rah!m. Selain itu, rasa mulas yang dirasakan oleh ibu juga membuat perutnya terasa semakin keras.

4. Kontraksi
Dinding rahim akan semakin mengeras sebelum persalinan. Kontraksi ini terkadang tidak terasa menyakitkan dan sebagian besar wanita gagal untuk dapat menyadarinya. Jadi, kenalilah dengan benar apa yang saat itu sedang Anda rasakan, karena bisa jadi itu salah satu tanda-tanda mau melahirkan yang sudah sangat dekat.

5. Keluar lend!r dari va-g!na
Ini merupakan tanda-tanda akan melahirkan yang semakin dekat. Ada sebuah peningkatan debit lend!r dari va-g!na. Lend!r lambat laun akan menjadi air yang nantinya akan ‘meled4k’ ketika saatnya tiba.

6. Plek darah
Tanda-tanda akan melahirkan lainnya adalah tampak ada plek-plek darah pada cairan va-g!na. Percayalah, apabila Anda telah mengalaminya, secepatnya pergi ke rumah sakit atau rumah bersalin terdekat. Ini menjadi salah satu dari tanda akan melahirkan yang sangat dekat.

7. Ingin buang air kecil tak tertahankan
Keinginan Anda untuk segera buang air kecil rasanya tidak tertahankan? Sering buang air kecil merupakan gejala yang sering dialami seorang ibu hamil di masa trimester ketiga saat kehamilan. Tapi, kali ini sangat berbeda. Anda bisa merasakan sebuah dorongan hebat yang akan membuat Anda benar-benar sangat ingin buang air kecil. Hal tersebut disebabkan bayi mulai makin mendorong ke arah bawah.

8. Gerakan bayi melambat
Sesaat sebelum terasa nyeri persalinan, gerakan bayi Anda akan terasa melambat. Hal tersebut terjadi karena saat itu bayi sedang mengatur posisi kelahirannya.

9. Kepala bayi mulai bergeser ke bawah
Pergeseran posisi bayi ini dapat dirasakan oleh ibu hamil, terutama karena perut bagian atas ibu hamil mulai kosong. Tanda tanda akan melahirkan yang satu ini terjadi karena sang calon bayi sudah menuju ke bagian pintu rahim.

10. Semburan air
Setelah merasakan adanya kontraksi, va-g!na biasanya akan mengeluarkan semburan air. Segera berangkat ke rumah sakit atau rumah bersalin terdekat untuk melakukan persalinan.

11. Kondisi psikologis tidak stabil
Seorang ibu yang sudah dekat waktunya pada persalinan kadang-kadang berubah menjadi emosi yang bisa di bilang tidak stabil, gejolak energi yang berlebihan atau ada keinginan untuk dapat menyendiri. Ini wajar saja karena fase melahirkan ini membutuhkan kesiapan secara fisik dan mental.

12. Pembukaan
Tanda akan melahirkan yang terakhir adalah kepala bayi sudah berada di bagian pintu rahim, pembukaan sudah mulai berjalan secara perlahan yang secara umum pembukaan ini naik satu persatu sekitar sekitar dua jam sekali yang semakin dekat dengan persalinan.

Sebaiknya ibu hamil memahami 12 tanda-tanda melahirkan bayi sangat dekat ini karena sangat penting untuk ketahui. Dengan mengetahui ciri-cirinya, semoga proses persalinan Anda juga akan semakin lancar.

Info Bumil Lainnya

Tags: Bayi Dalam Kandungan