KENAPA MENYETIR JADI PANTANGAN IBU HAMIL

Kenapa Menyetir Jadi Pantangan Ibu Hamil – Saat sedang hamil, tentu saja seorang wanita akan sangat berhati-hati sekali dalam menjaga kondisi tubuh dan bayinya, terutama kesehatan kandungannya. Oleh karena itu, wanita bisanya menghindari beberapa macam kegiatan yang biasanya mereka kerjakan saat sebelum hamil seperti seringnya naik turun tangga ataupun menyetir mobil. Meskipun demikian, tidak jarang seorang wanita masih saja aktif dalam menyetir mobil pada saat mereka sedang hamil. Sebenarnya hal ini kurang baik untuk ibu hamil. Lantas kenapa menyetir jadi pantangan ibu hamil?

Sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini mengungkapkan sebuah fakta bahwa sebaiknya seorang wanita berhenti dalam menyetir mobil untuk sementara waktu pada saat mereka sedang hamil. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa wanita yang sedang hamil lebih berisiko untuk mengalami kecelakaan ataupun tabrakan pada saat mereka sedang menyetir mobil. Hal tersebut terjadi terutama pada saat seorang ibu sedang dalam masa kehamilan sekitar 6 bulan pertama.

Hasil tersebut didapatkan oleh peneliti setelah mereka melakukan penelitian pada 500 ribu ibu hamil. Para ibu hamil ternyata sering mengalami berbagai gejala seperti insomnia, mual, lelah, kehilangan konsentrasi dan gejala kehamilan lainnya yang dapat meningkatkan kemungkinan mereka akan mengalami kecelakaan.

Ibu hamil cantik menyetir

Image: hossamallam.org

Selama kurun waktu 3 tahun sebelum hamil, para wanita mengalami sekitar 6.922 kecelakaan, atau rata-rata sekitar 177 kali setiap bulannya. Selain itu, selama masa trimester ke 2 kehamilan, wanita yang mengalami kecelakaan sampai 757 kali, atau rata-rata sekitar 252 kali setiap bulannya. Kemungkinan ibu hamil mengalami kecelakaan naik sampai 42 persen dan kecelakaan yang terjadi tersebut termasuk kecelakaan lalu lintas yang cukup serius.

Dr Donald Redelmeier, ketua penelitian tersebut yang juga ilmuwan di Institute for Clinical Evaluative Sciences atau ICES mengatakan bahwa seorang wanita hamil sering merasa khawatir jika naik pesawat ataupun mandi air hangat, tapi mereka sering melewatkan hal lainnya seperti menyetir mobil karena hal tersebut dianggap aman. Namun hal itu justru dapat memberikan risiko yang cukup tinggi pada kesehatan mereka.

Menurut statistik, satu orang dari 50 wanita hamil akan berisiko terlibat dalam sebuah kecelakaan motor pada saat mereka hamil. Risiko kecelakaan ini akan semakin bertambah pada saat ibu hamil mengendarai mobil. Namun, uniknya risiko wanita hamil yang mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil ini masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan pria.

Nah, terjawab sudah kenapa menyetir jadi pantangan ibu hamil. Jadi apabila sekarang ini Anda sedang hamil, sebaiknya jangan dulu mengendarai mobil atau kendaraan bermotor apapun sendirian. Karena cukup banyak gejala kehamilan yang akan mengganggu konsentrasi Anda saat menyetir dan juga dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami kecelakaan.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil