5 HAL PENYEBAB IBU HAMIL SERING BAD MOOD

5 Hal Penyebab Ibu Hamil Sering Bad Mood – Pada saat sedang hamil, kadang-kadang wanita merasa moodnya sangat berantakan dan tiba-tiba ingin menangis meskipun tidak ada alasan, ataupun sekedar ingin membentak seseorang. Seringkali ibu hamil merasa kesal serta emosi meskipun tidak ada alasan yang cukup jelas, mood nya mudah berubah tanpa alasan yang jelas. Hal tersebut bisa membuat ibu hamil sangat sulit untuk dimengerti dan juga seringkali tampak kesal. marah dan juga uring-uringan sendiri.

Tapi sebenarnya hal tersebut bukanlah merupakan sesuatu yang aneh. Cukup banyak wanita hamil mengalami hal tersebut. Emosi labil yang seringkali dialami oleh wanita hamil tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Berikut ini adalah 5 hal penyebab ibu hamil sering bad mood atau yang membuat emosi ibu hamil menjadi labil dan kadang menyebabkan mereka jadi menangis ataupun uring-uringan:

1. Merasa Lelah
Pada saat sedang hamil, seorang wanita mesti menyesuaikan jam tubuhnya dengan kebiasaan baru mereka. Saat hamil trimester pertama, ibu hamil seringkali kurang jam tidur, sehingga dia mudah sekali merasa lelah. Rasa lelah secara fisik ini dapat membuat mental ibu hamil terpengaruh dan seringkali akan berimbas pada emosinya yang labil.

Ibu hamil sering stres

Image: news.discovery.com

2. Merasa tidak Nyaman
Hamil memang merupakan moment yang membahagiakan untuk seorang wanita, tapi seringkali rasa mual atau morning sickness di waktu pagi bukan merupakan sebuah ‘kebahagiaan’ yang dia rasakan. Bukan cuma itu, ibu hamil juga sering mengalami konstipasi, sakit kepala dan sakit punggung. Hal tersebut membuat mereka merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh mereka sendiri dan sering membuatnya merasa emosi sampai menangis. Baca dalam 4 Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Hamil.

3. Pengaruh h0r-mon
H0rm0n mempunyai peran yang sangat besar dalam membuat ibu hamil menjadi uring-uringan ketika hamil. Saat wanita sedang tidak hamil, mereka dapat mengontrol kelenjar air matanya dengan sepenuhnya. Tapi h0rm0n kehamilan akan menjadikan seorang wanita akan kehilangan kontrol pada setiap otot di dalam tubuhnya. Seringkali mereka juga malah kehilangan kontrol ketika menangis atau saat buang angin.

4. Merasa tidak aman
Kehamilan akan membuat seorang wanita merasakan fase yang tidak aman dalam hidupnya. Bukan hanya karena mereka sedang memikirkan bayi yang sedang di kandungnya dan juga proses melahirkan yang tampak menakutkan, ibu hamil juga punya banyak pikiran mengenai tubuh serta penampilannya. Tidak sedikit juga ibu hamil yang mengkhawatirkan pekerjaan atau karir mereka. Inilah salah satu alasan yang membuat mereka sering menjadi kesal, uring-uringan dan juga emosi yang berlebihan. Baca juga Pengaruh Depresi Bagi Ibu Hamil.

5. Merasa takut
H0rm0n membuat seorang wanita mengalami rasa takut yang kadang-kadang wajar. Mereka bisa saja merasa takut akan kegu-guran atau pada saat ada hal yang tidak normal dengan kehamilan ataupun janin mereka. Selain itu, ibu hamil juga bisa merasa takut pada proses melahirkan secara normal. Hal-hal seperti inilah yang sering membuat mereka merasa sedih dan juga menangis.

Itulah 5 hal penyebab ibu hamil sering bad mood. Semoga para suami bisa memahami alasan mengapa wanita punya emosi yang terkadang tidak stabil sewaktu hamil dan agar berusaha membuat istri mereka yang sedang dalam keadaan hamil jadi merasa nyaman dan juga tenang. Jangan salah sangka jika Anda melihat ibu hamil mengalami hal seperti ini. Ibu hamil juga membutuhkan dukungan secara mental pada saat mereka mengalami emosi yang sangat buruk ketika hamil.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil