4 PENYAKIT IBU HAMIL YANG HARUS DIWASPADAI

4 Panyakit Ibu Hamil Yang Harus Diwaspadai – Kehamilan merupakan salah satu momen tak terlupakan dan paling ditunggu dalam hidup seorang wanita. Kehamilan adalah salah satu proses kehidupan yang cukup unik. Tubuh seorang wanita akan mengalami beberapa perubahan seiring dengan semakin bertambahnya usia janin yang sedang dikandung. Selain perubahan yang umum seperti kenaikan berat badan, ada beberapa perubahan hor-monal yang bisa menimbulkan komplikasi dalam tubuh Anda.

Inilah 4 penyakit ibu hamil yang harus diwaspadai yang disebabkan oleh komplikasi kehamilan yang sering dihadapi oleh ibu hamil sebagaimana pernah dilansir oleh magforwomen.com.

1. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi dapat terjadi pada saat dinding arteri Anda mulai menebal. Hal tersebut bisa membatasi aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Begitu juga aliran darah ke rahim Anda. Hipertensi pada saat kehamilan dapat menyebabkan pre-eklamsia ataupun kelahiran prematur. Jadi jagalah diri Anda dengan asupan 8 nutrisi penting bagi ibu hamil serta olahraga khusus ibu hamil.

Ibu hamil

Image: thyro.info

2. Diabetes
Diabetes bisa terjadi karena pada saat hamil terjadi perubahan secara hor-monal di dalam tubuh Anda dan juga dikarenakan keinginan makan ibu hamil yang tidak terkontrol. Kadang-kadang penyakit diabetes ini masih ada dalam tubuh Anda bahkan sesudah Anda melahirkan. Jangan sampai ini terjadi pada Anda, jaga keinginan makan Anda agar selalu terkontrol, jika keinginan ngemil selalu datang, sebaiknya Anda pilih cemilan sehat yang tidak berbahaya bagi ibu hamil. Anda bisa mencarinya via google dengan mudah.

3. Anemia
Pada saat hamil, ada juga kemungkinan seorang wanita untuk menderita penyakit anemia. Hal tersebut ditandai dengan munculnya sesak napas serta wajah yang pucat. Supaya dapat terhindar dari penyakit anemia ini, penuhilah asupan nutrisi sehat Anda dengan baik.

4. Mual parah dan muntah
Mual dan muntah atau morning sickness pada ibu hamil memang merupakan hal lumrah. Namun jangan sampai hal ini Anda dianggap enteng, apalagi jika di luar batas normal. Karena hal tersebut bisa berubah menjadi sesuatu yang cukup parah. Karena pada saat Anda muntah dengan cukup parah, maka Anda juga otomatis mengeluarkan nutrisi yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan bayi dalam kandungan Anda. Anda bisa membaca tulisan tentang cara mengatasi mual saat kehamilan.

Itulah 4 penyakit ibu hamil yang harus diwaspadai. Dalam masa kehamilan, seorang wanita harus benar-benar serius menjaga kesehatan tubuhnya dan kesehatan bayi dalam kandungannya. Salah satu tujuannya supaya ia tidak mengidap ke empat penyakit di atas. Oleh sebab itu jagalah kesehatan Anda sebelum masa kehamilan dan saat hamil, atur pola hidup Anda dengan baik dan perbanyak konsumsi makanan sehat pada saat hamil.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil