BAHAYA KEGEMUKAN SAAT HAMIL BAGI PERKEMBANGAN ANAK

Bahaya Kegemukan Saat Hamil Bagi Perkembangan AnakObesitas memang bukan masalah sepele, karena kelebihan berat badan seperti ini dapat mengundang berbagai penyakit yang cukup berat, seperti jantung, diabetes, hipertensi dan lain-lain. Ternyata tidak hanya berbahaya bagi seseorang, tapi juga berbahaya bagi bayi yang masih berada di dalam kandungan jika ibu hamil memiliki berat badan yang berlebih. Sebuah penelitian ilmiah dapat membuktikan bahwa obesitas pada ibu hamil akan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan juga perkembangan bayi yang dikandungnya pada saat lahir kelak.

Bahaya kegemukan saat hamil bagi perkembangan anak ini telah diteliti para ilmuwan dari University of Iowa dengan membandingkan berat dan juga tinggi badan bayi yang lahir dari seorang ibu obesitas dengan bayi yang lahir dari seorang ibu dengan berat badan yang normal.
Obesitas saat hamil
Bertentangan dengan apa yang menjadi harapan para ilmuwan, ternyata bayi yang lahir dari seorang ibu dengan obesitas mempunyai berat badan dan juga tinggi badan yang kurang apabila dibandingkan dengan tinggi dan berat badan bayi yang lahir dari seorang ibu dengan berat badan yang normal.

Selain itu, bayi yang dilahirkan dari seorang ibu yang obesitas juga mempunyai massa lemak yang jumlahnya lebih sedikit. Padahal massa lemak ini merupakan hal yang paling penting di dalam pertumbuhan dan juga perkembangan otak bayi. Larson Ode, yang merupakan asisten profesor di Paediatric Endocrinology and Diabetes di University of Iowa yang juga menjadi ketua penelitian menyebutkan bahwa mereka menemukan bahwa anak-anak tersebut tidak tumbuh dengan normal.

Sebagaimana dilansir oleh Health Me Up, Larson Ode juga mengatakan bahwa jika apa yang mereka temukan ini benar, maka bisa dikatakan bahwa obesitas terbukti cukup berbahaya bagi bayi yang ada di dalam kandungan. Ini menjadi sebuah faktor untuk meningkatkan kewaspadaan para wanita pada obesitas sebelum mereka mulai memasuki masa kehamilan atau melahirkan. Efek negatif dari obesitas ini terbukti dapat mempengaruhi generasi penerus mereka selanjutnya.

Anak yang dilahirkan oleh seorang ibu yang obesitas nantinya memang akan mempunyai berat yang sama dengan bayi lain yang dilahirkan oleh ibu dengan berat bada normal. Tapi sayangnya mereka juga nantinya akan menuruni sifat ibu yang cukup cepat bertambah berat badannya dan menjadi gemuk juga. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan mereka di masa yang akan datang.Tentang hal ini Anda bisa membaca Bahaya Obesitas Pada Bayi.

Itulah bahaya kegemukan saat hamil bagi perkembangan anak. Jadi sebaiknya persiapkan diri Anda dengan baik sebelum memasuki masa kehamilan. Selain menjaga berat badan, ada beberapa hal lain yang harus Anda siapkan, selengkapnya bisa Anda baca di tulisan berjudul 5 Persiapan Penting Sebelum Hamil

Info Bumil Lainnya

Tags: Nutrisi Ibu Hamil