DAMPAK MENDENGARKAN MUSIK SELAMA KEHAMILAN

Dampak Mendengarkan Musik Selama Kehamilan – Seorang calon bunda yang sering mendengarkan musik selama masa kehamilan ternyata dapat memberikan pengaruh yang positif pada janin. Meskipun belum ada studi ilmiah tentang efek positif stimulasi musik bagi kandungan seorang ibu, cukup banyak orang yang percaya bahwa mendengarkan musik dapat membawa energi yang positif untuk kehamilan.

Akan tetapi, tidak semua jenis musik baik bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan Anda. Musik yang keras, seperti hardrock, heavy metal ataupun grunge, bukan merupakan pilihan yang baik bagi bayi Anda. Alunan musik yang harmonis, misalnya seperti musik klasik akan mampu menstimulasi perkembangan bayi dalam kandungan Anda secara positif.
Musik untuk ibu hamil
Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya tentang kapan waktu yang tepat bagi seorang ibu hamil untuk mendengarkan musik bersama bayinya?

Bayi di dalam kandungan sebenarnya tidak mampu mendengar dan juga merespon musik di awal trimester pertama periode kehamilan Anda. Hal ini sudah cukup jelas, karena di trimester pertama ini bayi dalam kandungan Anda tentu belum dapat terbentuk dengan sempurna. Kabar yang pernah dilansir oleh laman Boldsky, menyebutkan bahwa sebuah penelitian ilmiah yang pernah dilakukan oleh Dr. Rene Van de Carr ternyata dapat menunjukkan bahwa bayi dalam kandungan ibunya akan bernapas sesuai dengan ketukan musik. Tanpa kita sadari, alunan musik yang di putar dan didengarkan dapat berpengaruh pada ritme napas bayi Anda. Jadi, jika Anda sedang dalam masa kehamilan dan ingin mendengarkan musik, sebaiknya pilihlah ritme musik yang iramanya lebih santai untuk Anda dengarkan.

Selain cukup baik untuk menstimulasi kecerdasan bayi yang ada di kandungan Anda, mendengarkan musik selama masa kehamilan juga dapat membantu Anda agar menjadi lebih segar dan agar tidak stres. Musik merupakan salah satu obat yang terbaik untuk seorang ibu hamil, terutama untuk ibu hamil yang mengalami depresi ataupun stres. Apabila Anda merasa senang, bayi di dalam kandungan juga akan dapat merasakan getaran positifnya. Keadaan emosional seorang ibu sangat berpengaruh pada kesehatan bayi dalam kandungannya. Cukup hebat bukan dampak mendengarkan musik selama kehamilan ini?

Nah, jika Anda sudah tahu dampak mendengarkan musik selama kehamilan, tidak ada salahnya mulai sekarang Anda sering mendengarkan alunan musik yang santai agar dapat menstimulasi bayi sekaligus memberikan ketenangan pada Anda.

Info Bumil Lainnya

Tags: Bayi Dalam Kandungan Tips Ibu Hamil