7 PERUBAHAN FISIK PADA WANITA SETELAH MELAHIRKAN

7 Perubahan Fisik Pada Wanita Setelah Melahirkan – Mempunyai anak merupakan hal yang dapat membuat kehidupan seorang wanita berubah. Seorang anak dapat memberikan banyak kebahagiaan pada seorang wanita, sekaligus akan membuat mereka menjadi berubah secara mental. Tapi perubahan wanita yang mempunyai anak tidak hanya akan terjadi secara mental saja, melainkan juga akan berubah secara fisik.

Fisik seorang wanita akan mengalami perubahan pada saat hamil. Tapi perubahan itu tidak hanya berhenti di sana. Pada setelah melahirkan juga, tubuh seorang wanita masih berubah. Berikut adalah 7 perubahan fisik pada wanita setelah melahirkan atau setelah mempunyai anak sebagaimana yang pernah dilansir dalam Mag for Women.
Perubahan pada saat hamil
1. Mati rasa
Perubahan seperti ini memang tidak terjadi pada setiap wanita. Tapi beberapa wanita memang mengalami hal ini. Pada saat wanita berusaha keras untuk melahirkan anak, dinding vag*na mereka akan tertekan dan dapat merasa mati rasa selama beberapa saat. Hal seperti ini akan membuat bagian pribadi dari wanita jadi mati rasa dalam beberapa waktu. Atau bahkan Anda tidak akan merasakannya pada saat buang air kecil. Ini mungkin bisa memalukan, terutama pada saat Anda tidak bisa merasa ketika sedang buang air kecil. Tapi hal ini hanya terjadi sementara waktu dan akan segera hilang.

2. Pendarahan
Seorang wanita tentu merasa senang saat tidak harus direpotkan dengan menstruasi selama 9 bulan masa kehamilan. Tapi setelah melahirkan, wanita akan mengalami nifas, yaitu keluarnya darah setelah dia melahirkan dalam waktu selama beberapa minggu. Ini tentunya bisa menjadi sangat tidak nyaman bagi seorang wanita. Tapi hal ini sangat wajar dan tidak usah ditakutkan.

3. Kaki bengkak
Kaki yang bengkak tidak hanya terjadi pada masa kehamilan saja, melainkan juga sesudah Anda melahirkan. Pastikan Anda telah bersiap untuk berjalan-jalan dengan bagian kaki yang bengkak. Sebaiknya siapkan juga alas kaki yang cocok dan sesuai dengan ukuran kaki Anda. Penelitian mengungkapkan bahwa pada saat selesai melahirkan, kaki wanita dapat bertambah besar sampai satu ukuran.

4. Payudara membesar
 Ini bisa jadi sebuah kabar baik untuk beberapa wanita, tapi juga kabar tidak menyenangkan untuk lainnya. Setelah wanita melahirkan dan waktunya untuk memberi ASI pada bayi, payudara wanita akan membesar, bahkan meskipun wanita tidak punya rencana untuk menyusui bayi mereka. Hal seperti ini karena payudara dipersiapkan untuk dapat memproduksi ASI setelah dia melahirkan.

5. Rambut rontok
Mengalami rambut rontok setelah seorang wanita melahirkan merupakan hal yang wajar. Hal seperti ini terjadi karena tubuh wanita menghasilkan cukup banyak hor-mon estro-gen pada saat hamil. Hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi tumbuh terlalu banyak dan juga sangat tebal. Setelah melahirkan kadar estro-gen akan menurun dan menyebabkan beberapa rambut menjadi rontok.

6. Sakit punggung dan panggul
Apabila Anda melahirkan dengan cara operasi caesar, kemungkinan besar Anda akan mengalami sakit punggung dalam waktu yang cukup lama. Bagi seorang wanita yang melahirkan dengan normal, mereka biasanya akan mengalami sakit pinggang yang lumayan lama. Tapi berbeda dengan sakit punggung setelah melakukan operasi caesar, rasa sakit yang terasa pada bagian panggul setelah melahirkan secara normal lebih cepat hilang.

7. Perut membuncit
Jangan berharap Anda mempunyai perut yang langsung langsing setelah melahirkan. Anda masih akan mempunyai perut yang buncit dan halus dalam waktu selama beberapa bulan. Selain itu, siap-siap saja untuk mendapatkan beberapa stretch mark yang biasanya muncul setelah melahirkan.

Itulah 7 perubahan fisik setelah wanita melahirkan. Perubahan seperti di atas wajar dan biasanya hanya bersifat sementara. Jangan merasa panik dengan beberapa perubahan tersebut dan hanya hubungi dokter Anda pada saat merasa ada yang benar-benar dirasa tidak normal, seperti pendarahan yang tidak kunjung berhenti ataupun penggumpalan darah.

Info Bumil Lainnya

Tags: hamil