7 TANDA KEHAMILAN WANITA YANG NORMAL DAN SEHAT

7 Tanda Kehamilan Wanita Yang Normal Dan Sehat – Kehamilan yang normal dan sehat memerlukan sebuah hal penting, yaitu ibu atau wanita hamil yang juga dalam kondisi sehat. Semua itu erat kaitannya dengan berat badan ideal ibu hamil, nutrisi yang seimbang dan juga olahraga yang teratur. Untuk informasi yang lebih lengkap, coba Anda 7 tanda kehamilan wanita yang normal dan sehat sebagaimana pernah dilansir oleh Health Me Up seperti berikut ini.

1. Tekanan darah dan kadar gula ibu hamil

Dua hal ini adalah parameter yang penting dalam kehamilan yang sehat. Mungkin pada beberapa wanita ada sedikit peningkatan tekanan darah ataupun peningkatan kadar gula, akan tetapi hal tersebut bisa dibilang normal. Namun yang mesti diwaspadai adalah perubahan yang drastis pada kedua kondisi ini. Karena keadaan tersebut dapat memicu preeclampsia yang bisa membuat ibu hamil harus melahirkan dini atau prematur.
7 TANDA KEHAMILAN WANITA YANG NORMAL DAN SEHAT

2. Rahim dan plasenta

Agar janin dalam kandungan tetap aman, maka plasenta dan juga rahim itu sendiri harus selalu dijaga kesehatannya. Plasenta juga harus melekat pada dinding rahim. Karena pelepasan plasenta juga biasanya mengarah pada terjadinya keguguran.

3. Pertumbuhan janin

Ibu hamil harus rajin dan teratur memantau kondisi bayi yang ada di dalam perutnya. Hal itu dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG. Apabila terdapat tanda-tanda kekurangan oksigen di dalam rahim, kondisi itu sebaiknya selalu diwaspadai. Bisa saja hal ini dapat membuat fungsi plasenta terganggu sehingga ibu dan juga janin akan mengalami masalah kesehatan.

4. Berat badan ibu hamil

Dokter biasanya akan menyarankan kenaikan berat badan 13 hingga 15 selama wanita sedang hamil. Tapi apabila seorang ibu sudah mengalami kelebihan berat badan, dokter mempunyai anjuran tersendiri pada masa kehamilan.

5. Kadar horm0n

H0r-mon pr0ges-teron wanita dapat mencapai kadar 400 mg di masa hamil. Fungsi h0r-mon ini adalah untuk menjaga ibu hamil dari siklus haid. Sementara itu, h0r-mon estr0-gen juga mempunyai peran penting bagi seorang ibu hamil. H0r-mon ini berfungsi untuk membentuk jaringan rahim supaya dapat menampung janin di dalam perut seorang wanita.

6. Perut yang membesar

Dokter idealnya akan mengukur perut ibu hamil untuk dapat memantau perkembangan bayi yang dikandungnya. Dokter juga akan memastikan perkembangan kesehatan calon bayi di dalam perut ibu.

7. Pergerakan janin

Selain memeriksa ukuran perut, pergerakan janin dalam kandungan juga biasanya diperiksa oleh dokter. Di antara minggu ke 6 dan minggu ke 10 periode kehamilan, biasanya seorang ibu akan merasakan adanya pergerakan janin. Pergerakan seperti ini dianggap sebagai ciri bayi sehat dan juga menerima oksigen cukup.

Itulah 7 tanda kehamilan wanita yang normal dan sehat. Apabila Anda merasakan ada hal yang tidak wajar, jangan pernah ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan ya!

Info Bumil Lainnya

Tags: 7 Tanda Wanita Hamil Normal Bayi Dalam Kandungan Kehamilan Wanita Sehat Tips Ibu Hamil