5 PERSIAPAN PENTING SEBELUM MASA KEHAMILAN

5 Persiapan Penting Sebelum Masa KehamilanJangan tergesa-gesa memutuskan untuk segera hamil dan mempunyai anak. Walaupun Anda dan juga pasangan telah sepakat dan merasa siap untuk mempunyai keturunan, akan tetapi ada beberapa hal penting yang mesti Anda perhatikan sebelum Anda memasuki masa kehamilan. Seperti pernah dilansir Times of India, dengan melakukan 5 persiapan penting sebelum masa kehamilan di bawah ini akan menjadikan periode kehamilan Anda terasa lebih mudah dan juga bebas cemas.

1. Timbang berat badan
Kelebihan ataupun kekurangan berat badan dapat memberikan pengaruh pada kehamilan dan juga kesehatan Anda. Berat badan seorang wanita yang kurang dapat mempengaruhi ovulasi, sementara berat badan seorang wanita yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena darah tinggi dan juga diabetes. Pastikan Anda mempunyai berat badan yang pas atau ideal sebelum Anda hamil. Ini juga dapat membantu agar bentuk tubuh Anda kembali seperti semula lebih cepat setelah Anda melahirkan.
Persiapan sebelum hamil
2. Perhatikan obat yang dikonsumsi
Apakah Anda selalu mengkonsumsi obat alergi, obat tidur ataupun obat lainnya. Zat-zat yang terdapat pada obat bisa jadi dapat berbahaya untuk janin. Katakan pada dokter kandungan Anda tentang semua obat yang selalu Anda konsumsi, mulai dari yang berbentuk sirup hingga multivitamin, setelah itu konsultasikan pada dokter tentang efek dari obat tersebut bagi kehamilan Anda.

3. Periksa kesehatan gigi
Kapan terakhir kalinya Anda periksa ke dokter gigi? Apabila Anda telah berencana untuk segera hamil, maka sebaiknya segera periksakan kesehatan gigi Anda. Penyakit gigi ataupun kebersihan mulut yang buruk dapat mengakibatkan infeksi bakteri pada janin. Oleh sebab itu, karena nanti di saat hamil Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan foto sinar X, maka sebaiknya manfaatkan kesempatan ini untuk dapat menemukan berbagai kelainan dalam mulut mumpung Anda bisa.

4. Merenovasi rumah
Apa Anda punya rencana untuk merenovasi rumah demi bayi Anda? Mungkin sekedar mengecat, menambah sebuah ruangan, ataupun mengatur berbagai barang? Maka sebaiknya lakukan dari sekarang sebelum Anda memasuki masa kehamilan. Cat, pelitur dan juga berbagai pembersih lainnya memiliki kandungan zat kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan kandungan pada saat kehamilan. Jadi, apabila Anda tidak mau menghirup bau yang memiliki kandungan yang berbahaya saat hamil, segeralah selesaikan renovasi ataupun perbaikan rumah Anda secepatnya.

5. Tambah asupan asam folat
Vitamin B memang sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi ibu hamil. Asam folat dapat menurunkan risiko adanya kelainan pada bayi pada saat masih di dalam kandungan. Jadi, sebaiknya Anda memperbanyak mengkonsumsi bayam, berbagai sayuran dan juga sereal. Konsultasikan hal ini pada dokter kandungan apakah Anda membutuhkan tambahan suplemen.

Itulah 5 persiapan penting sebelum masa kehamilan. Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi pertumbuhan janin. Kesehatan ibu hamil tentu sangat berpengaruh besar pada kesehatan bayi dalam kandungan hingga dia dilahirkan.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil